Pertama, Tenun Pulau Maringkik di Website, Kelompok KKN-T Unram Suguhkan Potensi Pulau

Oleh: KKN Unram Desa Maringkik

Lombok Timur, BERBAGI News – Melihat potensi kain tenun Pulau Maringkik yang memiliki ciri khas dan sangat khas baik dari bagian motif serta corak  Bugis – Mandar dan potensi sumber daya alam (SDA) dan Sumber teknologi informasi yang semakin masif, mahasiswa kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) desa Maringkik membuat terobosan dengan mengadakan pembuatan website dan melauncing.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja utama mahasiswa KKN TEMATIK Unram dengan Tema Desa Preneur.

Ketua bada Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Maringkik, Hanafi S.Pd. menyampaikan, Launcing dan Bimbingan ini dapat menjadi awal untuk memperkenalkan Pulau Maringkik di mata Nasional dan Internasional dengan keindahan alam serta potensi yang begitu luar biasa melimpah, jika di ibaratkan Pulau ini bagaikan perawan yang belum terjamah. 

“Semoga website ini dapat berguna bagi masyarakat dan melihat maringkik akan menjadi salah satu desa yang akan menggunakan pakaian adat untuk setiap anak sekolah,” harap Hanafi.

Hadirnya Website Tenun Pulau Maringkik ini berasal dari gagasan rekan-rekan KKN Tematik Unram,” kata wakil ketua KKN Unram, Lalu Bayu kepada media melalui pesan wa yang diterima. Selasa (31/01/2023).

Launcing Website ditandai dengan pemotongan pita.

Acara ini juga turut disambut oleh para masyarakat sekitar yang dapat dilihat dari antusias masyarakat melihat potensi atau hasil produksi mereka di tampilkan di Sosial media atau digital.

Pembimbing Website, M. Hidayatullah, memaparkan terkait bagaimana teknis mengelola Website mulai dari cara memesan produk, mempromosikan produk, dan tata cara untuk memposting barang seperti Kain tenun Beserta Produk turunanya.

“Website ini juga dilengkapi dengan fitur Live Chat dan Fitur-fitur lainnya seperti Proses pembuatan tenun, sejarah tenun, produk tenun, serta potensi Desa Pulau Maringkik juga ada dalam Website ini,” katanya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Berwirausaha Masyarakat Desa Lenek Pesiraman, KKN Unram gelar Sosialisasi Kewirausahaan

Fitur lainnya, jelas Hidayat juga seperti layaknya system belanja Online, sehingga dapat memudahkan pembeli atau Custumer untuk berbelanja secara online.

Website ini juga, dilengkapi dengan fitur Bahasa inggris jadi dapat memudahkan para wisatawan asing yang ingin berkunjung atau membeli produk bisa langsung melalui Website ini.

Kehadiran Website ini, Ketua KKN Unram Desa Maringkik, Martoni Ira Malik, menjadi angin segar bagi para penenun yang ada di palau maringkik.

“Keberadaan Website tentunya akan menjadi penghubung para konsumen yang ada diluar Pulau Maringkik untuk lebih mengetahui keberadaan pulau serta potensi pulau yang begitu besar dan indah ini,” ungkap Martoni.

Tidak hanya bimbingan dan Launcing yang dilaksakan dalam kegiatan ini dibarengi dengan penyerahan Bibit Buah Kepada pihak Desa untuk menjaga ekosistem yang hijau serta merawat Pulau ini agar tetap indah, bibit buah yang diserahkan sekitar 300 bibit terdiri dari buah Matoa, Alpukat, Rambutan , Kelengkeng, serta Sirysak, yang kemudian disebar kesetiap kekadusan dan masyarakat dengan harapan agar pulau ini tetap terjaga lestarinya. (kkn)