Era Digital, KKN Tematik Unram : Upgrading Kualitas UMKM Desa Suralaga

Oleh: KKN Unram Desa Suralaga

Lombok Timur, BERBAGI News – Agar mampu bersaing dan melebarkan sayap pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yang ada, KKN Tematik Universitas Mataram desa Suralaga bekerja sama dengan Fata Institute meningkatkan kualitas UMKM di Desa Suralaga, Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur dengan mengadakan acara sosialisasi “Upgrading Kualitas UMKM Desa Suralaga di  Era Digital.

Kegiatan berlangsung pada Jumat 27 Januari  2023 yang bertempat di aula kantor Desa Suralaga yang dihadiri Kepala Desa Suralaga Mahdan S,Sos., pemateri dari Fata Institute, pelaku UMKM di Desa Suralaga, ibu-ibu PKK, ibu-ibu kader, serta karang taruna. 

Kepala Desa Suralaga, Mahdan S,Sos., mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram.

“Desa Suralaga memiliki  beberapa UMKM yang sedang berjalan. Ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peningkatan kualitas UMKM diera digital seperti sekarang ini,” katanya.

Ketua KKN Tematik Universitas Mataram, Harion Ismail mengatakan, UMKM di Desa Suralaga kurang dalam hal pemasaran sehingga ini menjadi salah satu permasalahan yang membuat keterbatasan kemampuan UMKM dalam melakukan pemasaran.  Para UMKM di Desa Suralaga memiliki keinginan untuk maju tetapi terkendala berbagai hal seperti  kemasan, merk, branding, juga pemasaran. 

“Dalam hal ini, kami mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram mengadakan kegiatan sosialisasi digital marketing, dizaman ini digital marketing merupakan strategi yang lebih prospektif karena memungkinkan calon pelanggan potensial untuk mendapatkan segala macam informasi tentang produk  dan melakukan transaksi melalui internet,” ujar Harion.

Sementara, dalam pemaparannya narasumber, Faruk Abdul Quddus, M. Sos. (Direktur Fata Institute) menjelaskan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran UMKM digital di desa bisa menjadi salah  satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (**)

Baca Juga :  Inovasi Baru di Desa Batu Rakit, Mahasiswa KKN Unram Kenalkan Aquaponik