Peduli Lingkungan dan Cegah Chikungunya di Desa Merembu, Mahasiswa KKN Unram Gotong Royong Berantas Sarang Nyamuk

Oleh: KKN Unram Desa Merembu

Suara KKN392 Views

Lombok Barat, BERBAGI News – Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram (Unram) bersama Staf Desa Merembu yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Desa melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar pada Sabtu (28/1/2023) pagi.

“Kegiatan gotong royong ini dilaksanakan dalam upaya mencegah dan mengatasi chikungunya dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus,” kata Ketua KKN di Desa Merembu, Dandi Kharisma Putra dalam siaran tertulisnya yang diterima media BERBAGI News. Rabu (08/02/2023).

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Camat Labuapi, Babinsa Merembu, Bhabinkamtibmas Merembu, 8 Kepala Dusun Merembu, serta warga masyarakat yang ikut melakukan gotong royong. Selain itu juga, hadir tim Dinas Kesehatan Puskesmas Labuapi yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Desa Merembu.

Mewakili tim Dinas Kesehatan Puskesmas Labuapi, dr. Ditta, S.S mengatakan bahwa kegitan gotong royong membersihkan lingkungan tersebut mereka lakukan guna memberantas penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kita harus sadar bahwa kesehatan bisa diwujudkan dengan upaya bersama, yaitu dengan cara melakukan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan, untuk mencegah penyakit demam berdarah. Terlebih lagi dengan maraknya kasus demam berdarah yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat”, ucapnya.

Salah seorang warga setempat Ibu Fauziah mengaku, dengan adanya kegiatan gotong royang yang di laksanakan oleh Mahasiswa KKN UNRAM dapat menajdikan lingkungan disekitar terlihat lebih bersih, nyaman dan terhindar dari Demam Berdarah Dengue (DBD) karna sudah banyak korban yang terkena deman berdarah dengue tersebut.

Kepala Desa Merembu, H. Muhazzab berharap dengan kegiatan gotong royong ini dapat mencegah adanya penyakit menular seperti muntaber, tipes dan Demam Berdarah Dengue (DBD), selain itu lingkungan yang bersih akan membuat hidup jadi aman, nyaman dan tentram.

Baca Juga :  KKL Unsa Labuhan Burung Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Pakan Silase untuk Ternak

“Semoga dengan berawalnya gotong royong ini, kita semua senantiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan demi kesehatan,” harap Muhazzab. (**)