Mengajar lebih 30 tahun, 4 Guru SMAN 1 Pringgabaya Raih Anugerah Guru Legendaris

Redaksi

Pendidikan675 Views

Lombok Timur, BERBAGI News – Dinilai mempunyai dedikasi dan pengabdian yang tinggi selama lebih dari 30 tahun, empat orang guru SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur menerima Anugerah Guru Legendaris.

Anugerah Guru Legendaris tersebut diberikan kepada I Wayan Suartika, S.Pd; Muhammad Saleh, S.Pd, Dra. Sriasih dan Drs. Ahmad M.Pd.

Anugerah diberikan oleh Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya sebagai rangkaian puncak peringatan Bulan Apresiasi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya Sukri Aruman mengungkapkan, sebelumnya telah dilakukan jajak pendapat dan survei yang menyasar alumni untuk menerima usulan siapa saja guru yang layak menerima anugerah guru legendaris dengan kriteria paling lama mengajar dan tak pernah berpindah-pindah sejak sekolah itu berdiri 34 tahun silam.

Hasil jajak pendapat itulah yang diolah tim perumus yang beranggotakan dewan pengarah, dewan pakar dan dewan eksekutif untuk menentukan siapa yang paling layak menerima anugerah.

Rupanya I Wayan Suartika S.Pd terpilih di urutan pertama guru legendaris karena sangat setia mengajar di sekolah itu sejak tahun 1990 dan belum pernah pindah mengajar ke SMA lain.

”Ya beliau adalah Guru Fisika hingga saat ini, saya pernah diajar beliau juga hingga tamat SMA dan ternyata beliau belum pernah pindah hingga sekarang,” ungkap Sukri yang akrab disapa Bang Ray ini.

Sementara posisi kedua dan seterusnya diberikan kepada Muhamad Saleh S.Pd, Dra Sriasih dan Drs Ahmad M.Pd dengan sejumlah kriteria penilaian yang ditetapkan tim panitia.

Pihak panitia memberikan tropi dan piagam penghargaan kepada empat guru legendaris tersebut dan diharapkan dapat memberikan kesan positif bagi guru-guru lain untuk menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang tulus dan penuh cinta kepada murid-muridnya sebagaimana dicontohkan para guru legendaris Anugerah IKA SMANSABAYA 2023.

Baca Juga :  Diskusi Bale Media, Kadis Dikbud NTB: Perlu dikembangkan Pendidikan Adab dan Akhlak

Disebutkan, anugerah untuk kali pertama diberikan IKA SMANSABAYA akan bisa berkembang dan memberikan sejumlah kategori di masa mendatang, sehingga pemberian anugerah tersebut dirasakan manfaatnya oleh insan guru, siswa, alumni dan keluarga besar SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur.

”Kami akan kembangkan anugerah ini menyasar guru dan siswa berprestasi, karyawan teladan dan alumni berprestasi dan inspiratif serta peduli kemajuan sekolah,” kata mantan Ketua KPID NTB dua periode ini.

Dalam rangkaian Bulan Apresiasi Hardiknas 2023, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya menggelar sejumlah kegiatan antara lain giat edukasi dan aksi Gerakan Bersama Sekolah dan alumni siaga cekal stunting serta kelas kecantikan bagi para alumni dan khalayak luas sesuai kebutuhan dan usulan alumni yang berdomisili di lingkar sekolah. (*)