Program Desa Sehat, Mahasiswa KKN Unram Gelar Penerapan Hidup Bersih dan Sehat

Suara KKN400 Views

Lombok Timur, BERBAGI News – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (UNRAM) Desa Pulau Maringkik mengadakan kegiatan sosialisasi dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai salah satu program utama untuk mewujudkan Desa Sehat.

Sasaran utama yang efektif untuk kegiatan ini adalah siswa siswi di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Sosialisasi dan Penerapan PHBS dilaksanakan pada hari Jum’at (23/06/2023) di SD Negeri 1 Pulau Maringkik. Kegiatan penyuluhan dilakukan mulai pagi hari pukul 08.00 hingga selesai.

Kegiatan diawali dengan sesi perkenalan oleh TIM KKN UNRAM. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang cara cuci tangan pakai sabun (CTPS), pentingnya makan buah dan sayur setiap hari, menjaga kebersihan lingkungan, dan melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Ketua Tim KKN, Muhammad Jayadi Akbar menjelaskan program sosialisasi dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat ini merupakan komitmen UNRAM untuk mewujudkan program desa sehat, dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan sekolah penting untuk dilakukan dan ditingkatkan.

“Program ini kita adakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Pulau Maringkik melalui proses penyadaran khususnya bagi anak-anak sekolah dasar, karena pengenalan hidup bersih dan sehat penting dilakukan sejak dini,” ujarnya.

Adapun Jemi salah satu siswa kelas 4 SD Negeri 1 Pulau Maringkik mengatakan sangat senang bisa belajar banyak tentang perilaku hidup sehat dengan mahasiswa KKN UNRAM.

“Terima kasih sama kakak-kakak, saya sangat senang sekali diberikan ilmu baru tentang pola hidup sehat yang baik seperti cuci tangan yang benar, buang sampah pada tempatnya, dan pentingnya makan makanan yang sehat dan bergizi,” kata Jemi.

Munculnya sebagian penyakit yang sering menyerang anak-anak, ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu kunci keberhasilan dari program desa sehat berkelanjutan. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan sasaran yang tepat dan perlu dilakukan sosialisasi serta penerapan lebih lanjut di sekolah-sekolah lainnya. (**)

Baca Juga :  Peduli Lingkungan dan Cegah Chikungunya di Desa Merembu, Mahasiswa KKN Unram Gotong Royong Berantas Sarang Nyamuk