KKL Unsa Labuhan Burung Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Pakan Silase untuk Ternak

Suara KKN567 Views

Sumbawa, BERBAGI News – Desa Labuhan Burung merupakan desa yang kaya akan keberagaman suku budaya serta sumber daya alam. Keberagaman inilah yang menjadi nilai mutu tersendiri bagi desa Labuhan Burung untuk maju.

Adapun sumber daya alam yang dimiliki Desa Labuhan Burung juga tak kalah beragam. Mulai dari sumber daya laut yaitu terumbu karang, ikan, seafood dan biota laut lainnya. Sedangkan sumber daya alam darat yaitu beternak.

Selain berprofesi sebagai nelayan masyarakat Labuhan Burung juga memiliki pencaharian sebagai peternak. Ternak-ternak yang dibudidaya seperti ayam, sapi, kambing, dan kuda.

Berdasarkan jenis-jenis ternak tersebut, kelompok 23 Kelompok Kerja Lapangan (KKL) Universitas Samawa (unsa) Desa Labuhan Burung mengadakan survei pada tanggal 15 Agustus 2023 dan memperoleh hasil jumlah peternak di desa Labuhan Burung adalah 20 keluarga.

Karena banyaknya jumlah ternak kaki empat yang dimiliki peternak desa Labuhan Burung, kelompok 23 KKL unsa Desa Labuhan Burung mengadakan pelatihan pembuatan pakan silase untuk seluruh peternak di kawasan Desa Labuhan Burung, pada sabtu, 24 Agustus 2023 yang berlokasi di kantor desa Labuhan Burung.

Pelatihan ini bertujuan agar para peternak mengetahui bahwa pakan lokal seperti rumput atau tumbuhan daun lain yang sering menjadi pakan ternak dapat dikolaborasikan dengan beberapa bahan alami sehingga menciptakan pakan ternak yang kaya akan nutrisi jauh dari pakan lokal tanpa campuran.

Di bawah pemaparan materi yang disampaikan bapak asrul hamdani M.Si, pembuatan pakan silase ini terbilang mudah sebab bahan dan alat yang digunakan cukup sederhana. Bahan-bahan yang digunakan yaitu pakan lokal seperti rumput lapangan dan beberapa bahan seperti M4 dan molasis.

“Mengapa perlu mengkolaborasikan pakan lokal dengan bahan alami tersebut atau yang lebih dikenal dengan pakan fermentasi atau silase dikarenakan pakan yang sudah difermentasikan ini mengandung nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumput lapangan yang sifatnya masih mentah atau tidak ada campuran”. Paparnya.

Baca Juga :  Potensi Ancaman Gempa Bumi, Mahasiswa Universitas Mataram Galang Kesadaran Generasi Muda

Ketua kelompok 23 KKL unsa Desa Labuhan Burung mengatakan kepada masyarakat atau peternak yang hadir pada acara pelatihan tersebut, sebelum mengadakan pelatihan ini, tim KKL unsa sudah mengadakan survei atau observasi langsung dan meminta data-data hewan ternak kepada para kepala dusun.

“Dari data-data Inilah Kami tim KKL kelompok 23 Desa Labuhan Burung mengadakan pelatihan dengan tujuan Masyarakat khususnya peternak juga dapat mengaplikasikan pakan silase untuk meningkatkan nutrisi hewan ternak sehingga dapat memproduksi hewan ternak berkualitas”. Jelas ketua KKL Unsa. (**)