Manfaatkan Limbah Dapur, KKN Universitas Boyolali Sosialisasi Kebun Gizi dan Komposting

Oleh: Tim KKN Universitas Boyolali

Suara KKN237 Views

Bakulan, BERBAGI News – Agar masyarakat mampu mengolah dan memanfaatkan limbah serta perawatan dan berbagai macam jenis tumbuhan sayur yang banyak vitamin dan sehat bagi masyarakat.  Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 6 Universitas Boyolali Desa Bakulan mengadakan program kerja sosialisasi tentang kebun gizi dan pengelolaan composting limbah rumahan.

“Dengan cara pengelolan tanah berbagai tanaman serta bagaimana cara untuk memberikan keuntungan kepada masyarakat itu sendiri. Pemateri menambahkan penghasilan dari kita untuk kita,” kata Margaretha Praba Aulia, S.T., M.T. dosen program studi Agroteknologi Universitas Boyolali saat menyampaikan materi. Kamis (16/11/2023)

Dengan diadakan sosialisasi ini masyarakat gunung wijil terutama untuk ibu-ibu PKK antusias untuk mengikuti acara sosialisasi dengan seksama, mengetahui manfaat limbah dapur.

“Sosialisasi dilaksanakan di posko KKN Kelompok 6 Desa Bakulan, dengan sasaran ibu ibu PKK dukuh Gunung Wijil,” jelas Zulfa Mubarok, ketua KKN kelompok 6.

Zulfa menambahkan, sosialisasi digelar dengan tujuan memanfaatkan limbah dapur sebagai bahan pembuatan composting.

Dengan demikian ibu-ibu PKK mengikuti sosialisasi yang berkaitan dengan kebun gizi, berkaitan dengan adanya kebun gizi masyarakat gunung wijil bisa mengetahui berbagai macam sayuran terutama di sayur bayam dengan berbagai jenis dan manfaatnya. (**)

Baca Juga :  Program Desa Sehat, Mahasiswa KKN Unram Gelar Penerapan Hidup Bersih dan Sehat