Potensi Ancaman Gempa Bumi, Mahasiswa Universitas Mataram Galang Kesadaran Generasi Muda

Suara KKN131 Views

Lombok Utara, BERBAGI News – Desa Mumbul Sari, sebuah wilayah yang rawan terhadap gempa bumi, mendapat perhatian serius dari mahasiswa Universitas Mataram yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan tema DESTANA.

Program ini, dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram untuk periode 2023-2024, bekerja sama erat dengan perangkat desa dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara.

Tim KKN terdiri dari mahasiswa dengan berbagai latar belakang ilmu, seperti pertanian, peternakan, teknik, pendidikan, dan teknologi pangan, yang dipandu oleh dosen pembimbing lapangan dari program studi ilmu komunikasi.

Fokus utama tim adalah memberikan penyuluhan mitigasi bencana gempa bumi kepada masyarakat desa, khususnya generasi muda, sambil memusatkan perhatian pada upaya pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Pada hari Selasa, 16 Januari 2024, di SDN 1 Mumbul Sari, tim KKN-PMD Mumbul Sari bersama dengan tim BPBD Kabupaten Lombok Utara menggelar sesi penyuluhan. Acara dimulai dengan pemaparan mendalam mengenai berbagai jenis bencana, dengan penekanan khusus pada gempa bumi, termasuk sifat-sifatnya, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan cara mengidentifikasi tempat-tempat yang lebih aman di dalam dan sekitar rumah.

Dalam sesi penyuluhan tersebut, tim menggunakan media visual seperti peta risiko bencana dan video simulasi evakuasi. Mereka juga melibatkan generasi muda desa dalam simulasi evakuasi, membantu mereka memahami konsep-konsep keamanan dan tindakan yang harus diambil saat terjadi gempa bumi.

Selain itu, mahasiswa KKN juga terlibat dalam perencanaan dan pembuatan jalur evakuasi serta papan peringatan tanggap bencana di tingkat desa. Warga desa diberdayakan untuk menyusun rencana evakuasi darurat, dan pelatihan diberikan mengenai tindakan-tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat. Persiapan perlengkapan darurat, penunjukan jalur evakuasi, dan penentuan lokasi aman di sekitar desa menjadi fokus utama dalam upaya mitigasi bencana.

Baca Juga :  Desa Pakuan Siap Jadi Desa Wisata Berkelanjutan, Mahasiswa KKN Unram beri Dukungan

Kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan generasi muda desa diharapkan akan menciptakan Desa Mumbul Sari yang tangguh terhadap bencana. Kesadaran akan risiko gempa bumi meningkat, dan langkah-langkah konkret telah diambil untuk meminimalkan dampak buruknya. Program KKN ini bukan hanya memberikan pengetahuan tetapi juga memupuk semangat gotong royong dan persatuan dalam menghadapi ancaman bencana alam. (red)