Desa Pakuan Siap Jadi Desa Wisata Berkelanjutan, Mahasiswa KKN Unram beri Dukungan

Oleh: KKN Unram Desa Pakuan

Suara KKN303 Views

Lombok Barat, BERBAGI News – Desa Pakuan, sebuah desa di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, memiliki potensi besar untuk menjadi desa wisata berkelanjutan. Desa ini memiliki berbagai daya tarik wisata, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Selain itu, masyarakat Desa Pakuan dikenal ramah dan welcoming terhadap wisatawan.

Untuk mewujudkan potensi tersebut, Dengan bangga mahasiswa KKN Universitas Mataram (Unram) Desa Pakuan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Pakuan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menyelenggarakan acara sosialisasi bertajuk “Kebijakan Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan di Kabupaten Lombok Barat” yang berlangsung di Aula Kantor Desa Pakuan pada Pada tanggal 19 Januari 2024.

Ketua Kelompok KKN Unram Desa Pakuan, Muhammad Sardi Sopian, saat kegiatan berlangsung mengatakan, acara sosialisasi yang tak hanya berkesan, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat.

“Acara ini bukan hanya menjadi ajang pengetahuan, namun juga sebuah momentum untuk menciptakan kesadaran bersama terkait keberlanjutan pariwisata di wilayah tersebut,” kata Sopian.

Hadir Narasumber dari Dinas Pariwisata Lombok Barat, Erwin Rachman S.E, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata Lombok Barat menyatakan dengan wawasan yang luas dan pengalaman yang mendalam, memberikan gambaran komprehensif terkait kebijakan pembangunan desa wisata berkelanjutan.

“Dampak positif yang dapat dihasilkan oleh pengembangan desa wisata. Konsep pembangunan berkelanjutan menjadi inti dari kegiatan ini, menekankan pentingnya menjaga kelestarian alam, melibatkan masyarakat lokal, serta meningkatkan kesejahteraan bersama,” papar Erwin.

Mahasiswa KKN Unram Desa Pakuan, merasa bangga dapat menjadi bagian dari upaya mewujudkan pembangunan desa wisata berkelanjutan.

Para mahasiswa KKN Unram membantu Desa Pakuan dalam Sosialisasi sampah dor to dor, Sosialisasi pariwisata (acara kantor desa), Pembuatan video promosi wisata desa Pakuan, Perancangan event-event, Promosi pariwisata melalui sosial media.

Baca Juga :  Program Desa Sehat, Mahasiswa KKN Unram Gelar Penerapan Hidup Bersih dan Sehat

Melalui acara sosialisasi ini, berharap kesadaran dan partisipasi masyarakat setempat akan semakin meningkat, menjadi pondasi kokoh bagi terwujudnya Desa Pakuan bahkan Kabupaten Lombok Barat sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan dan menginspirasi.

Acara berakhir dengan suasana penuh semangat, menandai langkah awal dalam mewujudkan mimpi bersama untuk masa depan pariwisata yang berkelanjutan di Desa Pakuan. (**)