Kemenparekraf Gelar Workshop Kata Kreatif, Mas Menteri: Tingkatkan Kualitas UMKM

Pariwisata101 Views

Lombok Barat, BERBAGI News – Sebanyak 170 peserta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti Workshop Kabupaten Kota (Kata) kreatif kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2024.

Kepala Dinas, Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Agus Gunawan di kegiatan workshop mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan tambah ilmu pengetahuan untuk mengembangkan diri secara mandiri.

“Kegiatan ini (Kabupaten kota kreatif, red) agar UMKM kita tumbuh mandiri, bisa menyamai UMKM kabupaten kota lainnya,” jelas Kadispar Lombok Barat saat memberikan Sambutan yang bertempat di Lesehan Cemara, Mataram. Jumat (26/04/2024).

Yang paling penting kata Agus, para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Lombok Barat langsung rubah mindset atau pola pikir.

“Selesai kegiatan ini agar ilmu yang didapatkan benar benar di jalankan dengan Genem (tekun dan sabar), agar dapat mensejahterakan kehidupan,” ungkapnya.

Oneng Setya Harini, Direktur infrastruktur ekonomi kreatif deputi bidang pengembangan destinasi dan infrastruktur kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif saat mengisi kegiatan workshop, menyampikan bahwa program workshop kata kreatif ini sebagai program strategis dalam pengembangan kabupaten kota kreatif yang ada di Indonesia sebagai rencana induk pengembangan ekonomi kreatif nasional.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno menyatakan bahwa Lombok Barat sebagai destinasi wisata, maka harus dipahami kebutuhan UMKM nya,

“Untuk meningkatkan kualitas UMKM sangat diperlukan PPP (Pelatihan, Pemasaran dan permodalan), siap semangat …” tegas Mas Menteri sapaan akrab Sandiaga Uno.

Kegiatan ini dihadiri 75 persen pesertanya dari Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Mandiri Indonesia Kabupaten Lombok Barat (Apmikimmdo).(Red)

Baca Juga :  Rute Baru Kapal Cepat Bali, Tingkatkan Wisatawan ke Lombok Barat