Selamat Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah

Oleh: Ust. Aswan Nasution

Religi128 Views

“Sesungguhnya orang yang beriman, berhijrah, dan berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah”. [QS. 2: 219]

BERBAGI News – TANGGAL 1 Muharram oleh Pemerintah telah dijadikan menjadi Hari Libur Nasional. Ini semua untuk menghormati ummat Islam di Indonesia. Tapi sangat disayangkan masih banyak ummat Islam yang belum dapat memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin.

Sehingga kadang-kadang libur 1 Muharram tersebut dipergunakan sebagaimana libur biasa, hanya untuk istirahat atau rekreasi  di tempat wisata.

Padahal pemerintah menjadikan hari tersebut menjadi hari libur, agar ummat Islam dapat mengisi hari libur dimaksud dengan kegiatan yang positif, kegiatan yang bernilai ibadah.

Alangkah indahnya jika pada hari libur tersebut, seluruh masjid, Mushalla, Ormas Islam, mengadakan ceramah, pengajian, diskusi, seminar, bedah buku yang berkenaan dengan Hijrah Rasul dan merumuskan program ummat di tahun mendatang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Setiap Masjid merumuskan program dan target tahunan untuk jamaah masjid, setiap pengajian mengadakan evaluasi tahunan atas kegiatan selama ini dan merumuskan program untuk masa mendatang. Setiap ormas merumuskan tahapan dan sasaran dakwah bagi tahun mendatang. Semuanya dilakukan dengan semangat Hijrah Rasul SAW.

Dengan semangat Hijrah, Rasulullah SAW membangun masyarakat Madani di kota Madinah, masyarakat yang berakhlak, beradab, berbudaya, berpendidikan, sehingga kota Madinah menjadi kota yang menyinari seluruh alam semesta [Al Madinah Al Munawarah].

Dengan Hijrah, Rasul membina masyarakat yang penuh persaudaraan, beretos kerja tinggi, berakhlak mulia, masyarakat Marhamah yang penuh dengan aman dan sejahtera “BALDATUN TAYYIBATUN WARABBUN GHAFUR”.

Dengan bergantian tahun Hijrah, semangat Hijrah harus menelusuri jiwa kita semua, semangat untuk Hijrah dari budaya jahiliyah menuju budaya iman dan Islam.

Menghadapi tahun Hijrah mendatang, mari kita tanya diri sendiri, sudah siapkah kita dengan kegiatan syiar untuk menghadapi tahun Hijrah mendatang. Sudah siapkah kita dengan program  dan rencana kerja untuk membangun ummat di tahun Hijrah mendagang.

Jika Rasulullah SAW dan para sahabat telah banyak berbuat dimasa yang lalu untuk Islam, apakah yang telah kita perbuat di tahun Hijrah yang lalu dan apa yang kita perbuat untuk Islam di tahun Hijrah mendatang? Fastabiqul Khairaat …!  Wallahu a’lam bisshawab.

Selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharran 1446 Hijriah.

Baca Juga :  Kisah Kewalian TGH. Ahmad Tretetet Jasadnya Hilang Saat dimakamkan