by

Warga Terganggu, Sampah Menumpuk di Jalan Desa Sesela

Lombok Barat, BERBAGI News – Warga yang melintasi jalan Dasan Utama, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, terganggu dengan tumpukkan sampah di tepi jalan, sehingga meminta penanganan secepatnya.

Mulyati, warga setempat mengungkapkan kondisi demikian terjadi akibat pemerintah daerah kurang memantau penumpukan sampah tersebut.

“Tumpukkan sampah ini terjadi akibat lambannya pengangkutan,” katanya kepada media. Selasa (02/11/2021).

Sementara itu, Kepala Dusun Dasan Utama, Sahrul Bayani, menyatakan banyaknya sampah tersebut akibat tertutupnya saluran di Desa Jati Sela. Termasuk adanya pembangunan perumahan serta kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk mengangkut sampah tersebut. 

“Awal mula penumpukkan sampah terjadi di tahun ini, dari perubahan irigasi menjadi selokan, kepala dusun dan sekretaris desa sudah mencoba mengirim surat ke pekerjaan umum (PU) terkait pelebaran irigasi, hingga saat ini tidak adanya konfirmasi lebih lanjut,” katanya.

Sahrul Bayani menegaskan sebenarnya tempat pembuangan sampah sementara telah disediakan beberapa titik, seperti di Dusun Muhajirin, Dusun Barat Kubur.

“Untuk mengatasi warga juga bergotong royong. Bahkan kami berinisiatif melakukan pengelolaan sampah bersama warga antara lain, kompos takakura, ecobrick dan pupuk cair,” katanya. (ant)

Baca Juga :  FSM Gelar Dialog Kemanusiaan

News Feed