Program PEN, Menteri Kop UKM: Tak Ada Program “1 Orang 3 Ekor Sapi” di NTB 

Berita Utama102025 Views

Mataram, BERBAGI News – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menegaskan bahwa tak ada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 2 triliun dalam bentuk bantuan 1 orang mendapatkan 3 ternak sapi di Provinsi NTB sebagaimana yang digaungkan Koperasi Serba Usaha (KSU) Rinjani kepada masyarakat. Yang ada hanyalah bantuan hibah untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan jumlah bantuan satu juta rupiah per PKL.

“Program Pemulihan Ekonomi Nasionalsetahu saya tidak ada program yang itu. Yang kita lanjutkan hari ini yaitu hibah untuk PKL dan itu jumlahnya hanya satu juta,” kata Teten Masduki. Rabu (26/01/2022).

Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, bantuan pembiayaan di sektor peternakan itu bisa melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa diakses oleh siapa saja, tidak harus melalui koperasi atau pihak lain. Jika nilai pinjamannya Rp 100 juta kata Teten, bisa diakses tanpa agunan. “KUR itu untuk semua jenis usaha,” terangnya.

“Jadi perlu ada edukasi ke masyarakat. Jangan sampai masyarakat dirugikan oleh investasi yang kurang tepat,” ujar Menteri.

Seperti diketahui KSU Rinjani telah merekrut sebanyak 23.195 anggota dengan janji bahwa akan ada program PEN berupa bantuan ternak sapi sebanyak tiga ekor dengan nilai Rp 100 juta untuk masing-masing peternak. Lantaran banyak masyarakat yang resah dengan hal tersebut, Pemprov NTB telah menempuh jalur hukum dengan melaporkan para pengurus KSU Rinjani ke Polda NTB atas dugaan penipuan, pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan. (*)

Baca Juga :  Desa Sintung Menjadi Tuan Rumah MTQ ke-29, Bupati Loteng; Generasi Pecinta Al-Qur’an Layak Kita Muliakan dan Prioritaskan