Tiga Mata Lomba STQ Kecamatan Praya Barat, Mahasiswa KKN Unram turut Terlibat

Religi54 Views

Lombok Tengah, BERBAGI News – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 27 se-Kecamatan Praya Barat resmi dibuka pada Kamis (14/07/2022), yang berlokasi di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

STQ akan berlangsung selama empat hari hingga Minggu (17/07/2020). Jumlah peserta yang mengikuti STQ sebanyak 92 orang.

“Masing-masing Desa membawa 2 perwakilan peserta bahkan juga bisa lebih dari semua kategori,” kata Ketua panitia STQ, Cangap, S.Sos.  usai pembukaan STQ.

Ketua Panitia merasa terbantu dengan kehadiran Mahasiswa KKN tematik Universitas Mataram yang membantu jalannya STQ yang ke 27 tersebut.

“Alhamdulillah STQ yang ke 27 di desa Setanggor ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Dalam kegiatan STQ, ada tiga cabang mata lomba yang diikuti peserta, yakni Tahfiz, tafsir dan tilawah.

Perlombaan di mulai pada pagi hari pukul 08:00 sampai jam 12:00. Kemudian dilanjutkan pada pukul 02:00 sampai pukul 17:00. Dan malam hari dengan tilawah golongan dewasa dari pukul 20:00 Sampai pukul 22:00 wita.

Ketua KKN Unram, Islahul Imam Tsani, menjelaskan bahwa, anggota KKN bertugas di beberapa lokasi tempat Perlombaan berlangsung.

“Semua anggota KKN memiliki peran masing-masing. Anggota KKN di bagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan jumlah lokasi perlombaan, Masjid Qomarullaili Desa Setanggor, sanggar Seni Desa Setanggor dan mushola Desa Setanggor,” paparnya.

Saat di temui di tempat acara STQ, Camat Praya Barat, H. Lalu Saharudin, SH. MH, menjelaskan, kegiatan STQ ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan setiap tahun, tapi karena ada Virus Corona menyebabkan kegiatan di tunda untuk tahun kemarin.

“Alhamdulillah bisa kita laksanakan tahun ini yang berlokasi di Desa Setanggor, semoga acara yang baik ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Saya minta juga dukungan dari masyarakat Setanggor untuk mensukseskan acara tilawatil Qur’an,” harapnya.

Baca Juga :  Makna dan Hikmah Perjalanan Ibadah Haji

Terpisah, Kepala Desa Setanggor, H. Kamaruddin, S.H, mengatakan, dengan diadakannya kegiatan STQ ini memberikan semangat untuk para penghafal Al-Qur’an agar terus belajar dan berlatih agar semangkin bisa

“Kegiatan STQ ini juga bisa menumbuhkan semangat para pemuda lainnya untuk belajar dan memahami Al-Qur’an,” kata Kamaruddin saat di temui di kantor Desa Setanggor. (KKN)