by

Sosialisasi Pemberdayaan UMKM, Mengajarkan Pemasaran, Pengemasan dan Pembuatan Label Permen Susu

-Berbagi-13 views

BERBAGI News – Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata GNRM Uunsa di Kelurahan Uma Sima Samawa Regency telah melaksanakan sosialisasi pemberdayaan UMKM dengan mengajarkan cara pemasaran, pengemasan, dan pembuatan label permen susu bersama masyarakat. Selasa (14/09/2021) sore.

Alasan memilih produk permen susu sebagai sampel produk UMKM yaitu karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, dari potensi yang di lihat di perumahan Samawa Regency banyak hewan ternak seperti sapi dan kambing yang merupakan bahan utama pembuatan permen susu ini, produk ini merupakan makanan khas Sumbawa yang harus dilestariakan. Permen susu ini terbuat dari susu sapi dan gula pasir, kemudian dimasak diatas api sedang selama kurang lebih 2-3 jam sampai mengental. Lalu dicetak berbentuk persegi panjang, kemudian dikemas.

UMKM adalah usaha dalam bidang produk makanan, diproduksi menggunakan teknologi sederhana karena terbatasnya modal yang dimiliki oleh pelaku UMKM. Sebenarnya banyak produk makanan yang diproduksi oleh UMKM yang bisa menembus pasar besar. Namun kurangnya pengetahuan cara pemasaran, proses pengemasan yang kurang baik dan label yang tidak meiliki daya tarik sehigga kurang diminati oleh konsumen.

Untuk memasarkan bisa menggunakan cara online dan offline. Pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasarana digital yang diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan memanfaatkan penjualan melalui media social, website, email, tokopedia dan lain-lain. Sedangkan pemasaran secara offline yaitu dengan cara bekerjasama dengan pemilik toko-toko dan warung.

Pengemasan mempunyai arti yang penting untuk menarik konsumen. Kemasan lebih berfungsi untuk melindungi makanan atau barang dari pengaruh cuaca atau proses alam yang dapat merusak barang tersebut. Selain berfungsi sebagai wadah agar barang tersebut dapat mudah di bawah dalam perjalanan. Bungkus atau kemasan yang menarik akan memberikan nilai lebih pada konsumen yang sedang membedakan beberapa produk yang membentuk dan mutunya hampir sama.

Baca Juga :  Bayi 21 Tahun "Istimewa", Zakir dikunjungi Kepala Dinas Sosial NTB

Sama seperti pengemasan, pelabelan juga mempunyai peran penting dalam memasarkan suatu produk. Pelabelan adalah bagian dari kemasan dimana informasi yang diperlukan dalam bentuk label. Informasi tersebut termasuk nama atau merek, grade, deskripsi dan lain-lain pada produk.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pengemasan dan pelabelan produknya agar lebih modern dan mampu bersaing serta meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat kelurahan Uma Sima Samawa Regency agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. (byu)

News Feed