by

Fakta Unik Mandalika Lombok Tuan Rumah MotoGP 2022

BERBAGINews – Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang memiliki berbagai destinasi wisata populer yang sangat memanjakan mata, terlebih Lombok juga memiliki KEK Mandalika yang merupakan kawasan wisata dengan sekala besar dan resmi ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan motoGP 2022, maka tak heran saat ini Lombok menjadi perbincangan dunia.

Nama Mandalika sendiri berasal dari kisah rakyat yang telah terkenal di Suku Sasak, Lombok. Dalam kisah ini menceritakan seorang putri nan cantik bernama Mandalika yang banyak diperebutkan oleh para lelaki, dikarenakan ia tidak kuat untuk menghadapi banyaknya lelaki yang ingin menikahinya, maka Mandalika memutuskan untuk menjatuhkan diri di laut agar terhindar dari berbagai konflik. Sejak saat itulah daerah tersebut dinamakan Mandalika untuk menghormati kematian sang putri.

Mempunyai luas 1.034 hektar, KEK Mandalika dibangun untuk menunjukkan kepada dunia bahwa keindahan Indonesia tidak hanya ada di Bali, tetapi juga di Mandalika, Lombok.

Sempat KEK Mandalika tidak muncul di google maps dan hanya berupa tanah kosong saja. Ini dikarenakan pembangunan KEK Mandalika yang berjalan sangat panjang, yaitu selama 29 tahun lamanya. Diduga lamanya pembangunan tersebut disebabkan karena masalah payung hukum dan pembebasan lahan. KEK Mandalika disebut juga sebagai calon Bali baru oleh karena itu terus dikembangkan sebagai destinasi liburan prioritas.

Saat berlibur ke Mandalika, wisatawan juga bisa sekalian tur , pasalnya tak jauh dari KEK Mandalika ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti Desa Adat Sade, Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Batu Payung yang sangat indah untuk menikmati matahari terbenam.

Bahkan Presiden Joko Widodo sempat melakukan vlog atau membuat video saat mengunjungi KEK Mandalika. Dalam video tersebut, beliau bersama dengan Gubernur NTB saat itu, Tuan Guru Bajang berada di depan hamparan laut biru dan jernih di KEK Mandalika dan siap menyambut siapapun untuk berwisata di KEK Mandalika.

Baca Juga :  Nonton MotoGP Mandalika Sambil Keliling Lombok

Tentu saja wajib hukumnya mengingat tempat ini akan menjadi salah satu destinasi wisata populer bukan hanya di Indonesia saja, namun hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, siapkanlah diri kalian dan pastikan keuangan mendukung ketika hendak mengunjungi KEK Mandalika. (Edy)