Pesona Wisata Lumajang semakin Dikenal Dunia

Infopublik

Pariwisata317 Views

Lumajang, BERBAGI News – Kecamatan Pronojiwo merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang menyuguhkan panorama keindahan alam yang luar biasa.

Berada di kaki Gunung Semeru, Kecamatan Pronojiwo ini memiliki banyak spot wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Keindahan alam tersebut yang mulai dilirik oleh banyak wisatawan asing saat ini.

Setiap hari di sekitar jalanan Kecamatan Pronojiwo tampak banyak wisatawan asing lalu lalang. Diperkirakan kunjungan wisatawan asing pun mulai meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga berkat diimbangi oleh sejumlah fasilitas penunjang wisata seperti halnya penginapan, sarana persewaan kendaraan dan guide tour.

Meningkatnya kunjungan wisman di Pronojiwo tentu menjadi potensi dan peluang yang harus dibaca dan dimanfaatkan, tidak hanya oleh warga tapi juga pemerintah setempat. UMKM setempat akan tumbuh, perputaran ekonomi lokal juga meningkat.

Peran pemerintah sangat diharapkan dapat membantu memaksimalkan potensi tersebut, melalui dukungan fasilitas ataupun peningkatan kualitas sumber daya manusia pelaku wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, di sela kegiatannya Sabtu (11/11/2023) menerangkan, data kunjungan yang diperoleh dari Tumpak Sewu ada lima ribu lebih wisatawan asing selama periode Januari sampai Juni 2023, yang paling paling banyak berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Belgia, dan Rusia.

“Ini yang Tumpak Sewu, wisatawan mancanegara mencapai lima ribu lebih dari bulan Januari sampai Juni 2023, paling banyak di Tumpak Sewu, di Pronojiwo dan sekitarnya,” terang dia.

Menurut Yuli Haris, untuk memudahkan wisman dalam menjelajah setiap spot wisata di Kecamatan Pronojiwo, pemerintah setempat telah menyediakan layanan Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Pronojiwo yang akan memberi pilihan paket wisata dan rute wisata terbaik.

“Kalau akan menjelajah keindahan Pronojiwo dan bertanya tentang wisata di Pronojiwo, datang saja ke PIP (Pusat Informasi Pariwisata, red) di kantor Desa Pronojiwo, belakang kecamatan Pronojiwo,” ungkapnya.

Yuli menjelaskan, PIP merupakan salah satu program realisasi Program Desa Berdaya dari Dinas Pemberdayaan Provinsi Jawa Timur yang didukung oleh DPMD Kabupaten Lumajang.

Baca Juga :  Jelang MotoGP, 2000 Kamar Hotel di Lombok Barat "FULL BOOKING"

Dirinya berharap melalui kolaborasi dan dukungan program lembaga/instansi terkait, pariwisata Kabupaten Lumajang terus berkembang dan maju. (IP)