by

Perdana, DAMRI Mataram Luncurkan BUS untuk Disabilitas NTB Gemilang

Mataram, BERBAGI News – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang Jasa Transportasi Milik Pemerintah, DAMRI terus berinovasi dan berkontribusi nyata untuk masyarakat Indonesia.

Melihat adanya kebutuhan aksesbilitas transportasi para kaum difabel yang berada di Kota Mataram serta program unggulan NTB terkoneksi guna mewujudkan NTB Gemilang dan kewajiban pemerintah Pusat maupun Daerah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk disabilitas sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesbilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus.

Seperti halnya yang dilakukan DAMRI Cabang Mataram bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB melakukan terobosan Lounching bus perdana melayani para penyandang disabilitas yang diharapkan bisa memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para penyandang disabilitas dalam menggunakan transportasi umum menuju NTB gemilang. Jumat Sore (2/10).

Peresmian : Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di dampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Kepala Dinas Sosial NTB bersama General Manager DAMRI Mataram, M. Adzani Wahyu Wibowo saat memotong pita membuka Layanan Bus Disabilitas di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB di Mataram, Jumat (02/10)

General Manager DAMRI Mataram, M. Adzani Wahyu Wibowo mengatakan, Bus yang digunakan adalah Bus Besar yang sebelumnya digunakan untuk anak sekolah dan sekarang di modifikasi oleh Tim Teknik DAMRI Cabang Mataram Sendiri dengan system hidrolik lift.

“Bus (Penyandang Disabilitas) ini kami sediakan berkapasitas 30 dengan 10 untuk pengguna kursi Roda dan 20 pengguna kursi biasa, Mudah-mudahan semoga bus disabilitas ini, hak hak para kaum difabel dapat terpenuhi, karena mereka semua memilik hak yang sama dengan warga NTB lainnya dan dapat bermanfaat bagi para kaum difabel di seluruh NTB,” Ucapnya saat acara Lounching Bus Difabel di halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

Baca Juga :  Darul Falah Lepas Landas, Air Mineral "ada Kebaikan disetiap Tegukan

Bus yang di luncurkan ini merupakan yang pertama di NTB dan yang kedua di Indonesia, Tahap awal ini yang beroperasi hanya baru tersedia untuk rute kota di Mataram untuk melayani antar Sekolah sekolah Luar Biasa (SLB) dan  kedepannya bisa ke semua Wilayah NTB.

Satu Persatu dinaikkan oleh Petugas dari DAMRI Mataram para penyandang Disabilitas.

Sementara itu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang secara resmi membuka layanan bus Khusus Penyandang disabilitas yang ditandai dengan pemotongan pita, dalam sambutannya  berharap agar adil di setiap Kabupaten kota di NTB tersedia layanan Bus Disabilitas.

“Target mudah mudahan ada cara nanti pada saat ulang tahun NTB kita  tambah (bus), mudah-mudahan ini perjalanan panjang selalu harus dimulai langkah pertama, luar biasa.. sekali lagi Selamat, mudah mudahan dimaksimalkan,” Ucap doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Drs. Lalu Bayu Windya, MSi, menyampaikan Pemerintah Provinsi NTB akan melayani semua para penyandang disabilitas yang jumlahnya sebanyak 27 ribu yang tersebar di NTB.

“Kami Dishub merasa senang Bekerjasama dengan DAMRI memulai layanan disabilitas untuk NTB baru 3 bus, lebih dari 27 ribu di NTB akan di fasilitasi, mereka memiliki hak yang sama untuk menikmati layanan dari pemerintah,” ungkapnya.

Para Penyandang Disabilitas saat mencoba Layanan Bus Disabilitas dan keliling Kota Mataram.

Diacara Lounching  Bus Disabilitas, para penyandang di bawa keliling Kota Mataram untuk menikmati layanan tersebut. Mereka Sangat bersyukur, merasa terharu dan kedepan bermanfaa bagi kaum disabilitas.

“terima kasih, dengan adanya bus ini sudah bisa memudahkan para kami penyandang disabilitas untuk mengakses layanan publik terutama di transportasi, terima kasih pak GM DAMRI yang sudah mendukung keberadaan bus ini,” Ucap Sri Sukarni ketua Himpunan Wanita Disablitas Indonesia (HWDI) Provinsi NTB saat di wawancarai Berbagi News di dalam bus. (red).

Baca Juga :  Masuk Kategori Daerah Transmisi Lokal, Kepala Dinas Kesehatan Keluarkan Imbauan

News Feed