by

Kreatif!, Mahasiswa KKN Unsa Olah Kain Bekas Jadi Pot Hias

-Inspira-157 views

Sumbawa, BERBAGI News – Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap seluruh sektor kehidupan masyarakat, baik dari sisi krisis kejiwaan sampai pada krisis ekonomi. Hal ini tentunya mempengaruhi perilaku dan pola aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga untuk tetap bertahan hidup menuntut untuk lebih kreativitas.

Seperti halnya yang dilakukan Mahasiswa KKN UNSA kelompok 14 mengadakan pelatihan pembuatan pot hias dari limbah kain yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan masyarakat dusun genang genis di halaman Masjid Dusun Genang Genis Desa Kerato. Selasa (21/09/2021).

“Melalui pelatihan pembuatan pot hias dari limbah kain ini, agar para masyarakat yang terdampak covid-19 tetap optimis menghadapi ujian saat ini,” Harap Winda penanggung jawab kegiatan.

Lebih lanjut Winda menjelaskan, pelatihan yang diikuti puluhan masyarakat, khususnya dari ibu-ibu, untuk terus memberikan harapan dan semangat untuk terus bertahan serta meningkatkan perekonomian keluarga. Masyarakat tidak perlu panik atau khawatir, sebab yang kreatif akan mampu melewati ujian  berat ini.

“Kita tidak boleh pasrah dan berdiam diri saja menyikapi dan menghadapi kondisi pandemi covid-19 ini. Kita harus tetap optimis dan penuh semangat, bahwa ujian ini diberikan supaya kita makin kuat,” ujarnya.

Salah satu peserta pelatihan pembuatan pot hias dari limbah kain, Siswaluyadi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas pelatihan ini.

“Alhamdulillah, kami sangat senang ikut pelatihan ini, karena dapat ilmu dan pengalaman.  Sekarang melalui pelatihan ini, insya Allah siap untuk berkecimpung secara lebih luas,” ungkap Sis yang juga ketua RW 1 dusun genang genis.

Hal senada juga disampaikan BPD dusun genang genis, Hariadi menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat karena membuat dirinya memiliki keterampilan untuk maju dan berkarya.

Baca Juga :  Hikmah Besar dibalik Ulat Menjadi Kupu Kupu

“Sangat senang karena jadi bisa dan punya kemampuan untuk berani berkarya,” katanya.

Hingga saat ini, Pandemi Covid-19 belum juga hengkang dari bumi nusantara ini, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Upaya ini ditujukan kepada masyarakat agar dapat turut serta dalam memutus rantai penyebaran pandemi covid-19. (red)

News Feed