by

Indonesia – Belanda Pererat Kerjasama Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan

Jakarta, BERBAGI News – Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Sains Belanda (Minister of Education, Culture and Science of the Netherlands – MoECS), H.E. Robbert Dijkgraaf beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta, pada  Kamis (21/07/2022).

Kegiatan itu merupakan tindaklanjut kunjungan kerja Kepala BRIN ke Belanda bulan lalu.

Melalui surat resmi kepada BRIN, Kedutaan Besar Belanda menyatakan keinginan untuk lebih memperdalam dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan inovasi dengan Indonesia.

Kedua pihak mendiskusikan potensi implementasi kerjasama lebih lanjut. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk  menghubungkan modalitas riset, fasilitas  serta prioritas riset yang dimiliki BRIN dengan mitra institusi riset dan perguruan tinggi di Belanda.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, sejak lama para periset Belanda telah menjadi mitra utama para periset di Indonesia.

“Bahkan komunitas serta budaya ilmiah di Indonesia telah bermula sejak jaman Belanda. Salah satunya yang monumental adalah kebun raya Bogor yang telah berusia lebih dari 200 tahun,” ungkap Handoko pada saat menerima kunjungan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Sains Belanda, H.E. Robbert Dijkgraaf di Kantor BRIN Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Handoko menjelaskan, Belanda telah melihat saat ini Indonesia memiliki critical mass sumber daya (manusia, infrastruktur, anggaran) riset dan inovasi yang pasti lebih kuat dibandingkan sebelumnya yang tersebar di sedemikian banyak K/L yang berbeda. “Dengan kapasitas yang jauh lebih besar saat ini, Indonesia dapat menjadi mitra yang seimbang dan berkolaborasi pada posisi yang sederajat,” tegasnya.

Ke depan, Kepala BRIN menekankan kerja sama dengan Belanda akan difokuskan pada bidang yang mendukung pemanfaatan biodiversitas, seperti bioteknologi, bioinformatika, dan lain-lain. “Termasuk di dalamnya adalah eksplorasi kelautan, lebih khusus lagi pemanfaatan biodiversitas untuk kedaulatan pangan dan energi,” urainya.

Baca Juga :  Kapolda NTB Gelar Silaturrahmi dan Doa Bersama Tokoh NU-NW di NTB di awal tahun 2021

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganadan Letter of Intent Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda dengan BRIN tentang Kerja Sama Riset dan Ilmu Pengetahun, dan Letter of Intent terkait kolaborasi dalam program pembangunan kapasitas bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi antara Deputi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN dan Universitas Twente di Belanda. (ip_)