by

Indahnya Tangan Berbagi Kepada Semua

Oleh : Aswan Nasution

DALAM ISLAM berbagi itu adalah bagian dari karakteristik seorang Muslim yang sejati.

Semua kita dapat berbagi dengan apapun yang kita miliki.

Ada sebagian orang beranggapan bagaimana kita bisa berbagi gaji saja pas-pasan, rumah masih mengontrak, hutanh menumpuk dan berbagai alasan-alasan lainnya.

Padahal berbagi itu mudah dan ringan, tidak mesti dengan harta, bisa dengan ilmu, bisa dengan tenaga, bisa dengan pikiran dan lain sebagainya.

Alangkah Indahnya hidup ini, jika semua kita saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Karena, dengan berbagi bisa membuat kita lebih peduli terhadap orang lain, terututama kepada orang-orang yang sangat memerlukan.

Ketika kita berbagi rezeki yang dititipkan Allah kepada kita itu walaupun sedikit mereka sudah sangat senang dan bahagia.

Kemudian membuat hidup lebih berwarna dan bermakna, bahkan hati kita menjadi tenang dan tenteram serta bahagia, serta mengungkapkan rasa syukur kita akan hidup ini.

Lalu, apa saja Indahnya tangan berbagi?

Pertama, ketika kita berbagi maka kenikmatan yang akan diperoleh.

Kedua, ketika kita berbagi, maka pahala yang berlipat ganda kita dapatkan.

Ketiga, ketika kita berbagi ilmu semakin bertambah ilmu yang kita dapatkan.

Dan ketika berbagi harta, jangan khawatir akan berkurang karena Allah SWT akan menambah serta melipat gandakan harta yang kita berikan tersebut.

Sebagaimana firman Allah dalam Surah Saba’ : 39.

“Katakanlah : “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya, di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang di kehendaki-Nya) .” Dan barang apa saja yang kami nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dia pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Seperti dalam sebuah hadits dinyatakan : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Baca Juga :  Berbagi Mushaf Al-Quran di TPA Gunungsari

Maka dari itu jangan takut untuk berbagi kepada orang lain, artinya kita bermanfaat bagi orang tersebut, juga membuat diri kita menjadi lebih peduli terhadap sesama, menjadi ihsan yang lebih berguña dan yang paling penting bisa membuat orang lain tersenyum bahagia.

Ada satu hadits yang sangat populer dari Abu Hurairah Ra. Rasulullah SAW bersabda :

“Allah senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim).

Marilah kita galakkan gemar berbagi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, agar banyak orang-orang yang tertolong dari segala derita dan nestapa, sehingga tercipta harmonisasi yang baik dan Indah kepada sesama.

Wallahu a’lam bish shawab.

News Feed