by

Silaturrahmi Kantor Bahasa NTB, Gubernur NTB: Kita Siap Fasilitasi

Mataram, BERBAGI News – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah M.Sc., menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTB siap mendukung dan memfasilitasi segala kegiatan di Kantor Bahasa NTB, termasuk perihal pembangunan gedung.

“Kita siap dukung dan fasilitasi segala kegiatannya, termasuk pengurusan lahan untuk pembangunan gedung,” ujar Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB saat menerima silaturahmi Kantor Bahasa Provinsi NTB di ruang kerjanya, Senin (07/02/2022).

Selain itu, Doktor Ekonomi Industri tersebut juga mengapresiasi buku-buku cerita masyarakat lokal dan kamus berbahasa Sasak, Samawa dan Mbojo yang diterbitkan oleh Kantor Bahasa NTB.

“Senang sekali melihat buku buku cerita masyarakat lokal Sasak, Samawa dan Mbojo banyak diterbitkan Kantor Bahasa NTB. Begitu juga kamus bahasa Sasak, Samawa dan Mbojo. Luar biasa ini !,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Umi Kulsum, S.S, M.Hum, mengatakan siap siaga untuk mendukung program “NTB Gemilang” pemerintah Provinsi NTB.

“Alhamdulillah, kami dapat bersilaturahmi dengan bapak Gubernur NTB, menyampaikan maksud dan tujuan serta dukungan penuh untuk Program NTB Gemilang,” katanya.

Salah satu program NTB Gemilang adalah NTB sehat dan cerdas melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mewujudkan 1.000 cendekia, terwujudnya literasi digital dan rumah bahasa.

“Layanan digital saat ini kamus bahasa Sasak, Samawa dan Mbojo sudah tersedia digital dan dapat diunduh di Playstore,” jelasnya.

Kantor Bahasa Provinsi NTB, kata Umi Kulsum sudah melakukan aksi-aksi seperti penyusunan dan penelitian bahan pendukung Gerakan literasi seperti pembuatan teks muatal lokal, penyusunan bahan bacaan literasi, penyusunan buku bacaan berupa terjemahan dalam 3 bahasa, penyusunan kamus digital, penyusunan bahan bacaan digital dan penyusunan kamus dalam jaringan SIBI (Kadaring SIBI).

Baca Juga :  Keterbatasan Masker, Kabid UKM Himbau Pemerintah Produksi Kembali

Hadir juga dalam kegiatan silaturrahmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB atau yang mewakili, Badan BPKAD, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi NTB, dan Yayasan Tangan Berbagi Indonesia. (shy)