Desa Tanah Harapan Berdayakan Pemuda Lewat Mebeler

Bulukumba, BERBAGI News – Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale kini mulai melirik usaha mebeler sebagai salah satu usaha yang layak dikembangkan. Sasarannya adalah kelompok pemuda yang ada di desa ini.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Tanah Harapan, Arifin Para, menurutnya, keinginan untuk memberdayakan pemuda lewat usaha pertukangan atau mebeler ini tak lepas dari peran Balai Latihan Kerja (BLK) Bulukumba yang telah melakukan pelatihan mebeler dengan obyek kerja pembuatan kursi sofa dan sofa bed.

“Tentu dengan adanya pelatihan ini, kapasitas, pengetahuan, dan keterampilan pemuda di bidang pertukangan semakin meningkat dan sudah bisa membuat usaha mandiri,” kata Arifin saat penutupan pelatihan di Balai Desa Tanah Harapan. Senin (18/07/22).

Selain itu, Arifin juga berjanji akan memberikan Bantuan Sarana Usaha (BSU) bagi kelompok pemuda terlatih ini agar produktivitas dan kualitas usahanya meningkat.

“Insha Allah tahun depan, anggaran 2023 kami akan masukkan dana bantuan peralatan melalui dana Desa,” katanya.

Janji Kades Tanah Harapan ini diapresiasi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivas (BPVP) melalui Sub. Koordinator Penyelenggara dan Pemberdayaan Andi Asni .

Sekadar diketahui BPVP Bantaeng adalah instansi pembina bagi BLK Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLK UPTD) untuk beberapa kabupaten, diantaranya BLK Jeneponto, BLK Bulukumba dan BLK Selayar.

“Kami mengapresiasi langkah Bapak Kades yang siap memberikan bantuan peralatan bagi alumni pelatihan ini agar bisa berkembang dan mandiri,” katanya.

Sementara itu, Instruktur mebeler BLK Bulukumba, Zaenal Abidin mengungkapkan pelatihan mebeler ini diarahkan pada pembuatan perabot rumah tangga yang berkonsep minimalis fungsional.

“Perabot ini tidak terlalu mengambil tempat dan ruang luas serta memiliki fungsi ganda. Salah satunya sofa bed. Selain berfungsi sebagai tempat duduk juga bisa berfungsi sebagai tempat tidur,” ungkapnya. (Alf)

Baca Juga :  Resmi, DAMRI Launching BTS Teman Bus Bandung