Ribuan Atlet dari 30 Negara akan ikuti Triathlon Ironman 70.3 di Lombok

Olahraga38 Views

Mataram, BERBAGI News – Jelang pelaksanaan turnamen kelas dunia Triathlon Ironman 70.3 Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 8 Oktober 2022 mendatang, Dinas Pariwisata Provinsi NTB bersama tim medis mulai menyiapkan beberapa hal untuk pelayanan kesehatan peserta. Ditargetkan, jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan ini mencapai ribuan orang dari 30 negara.

“Persiapan sudah masuk dalam bidang-bidang. Kita sudah bertemu bidang kesehatan tim dokter dari Jakarta pada hari kamis yang lalu. Di mana saja kebutuhan Ironman ini disiapkan, perangkat dan tim medisnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi, Jumat lalu di Mataram.

Ia mengatakan, sebagai tuan rumah pelaksanaan turnamen internasional, persiapan fasilitas yang dibutuhkan mulai dimaksimalkan. Saat ini dibeberapa rute yang akan dilalui oleh peserta akan disiapkan tim medis.

Selain pos pelayanan kesehatan yang akan ditempatkan di beberapa titik, tim secara mobile juga akan mengikuti para peserta. Sehingga dipastikan pelayanan kesehatan pada saat turnamen tersebut berjalan dengan lancar.

“Disiapkan rumah sakit rumah sakit terdekat dan tenaga kesehatan untuk standby bilamana ada kemungkinan terburuk untuk evakuasi,” katanya.

Beberapa rumah sakit yang sudah ditinjau langsung oleh tim medis ironman yaitu RSUD Provinsi NTB, RSUD Kota Mataram, Rumah Sakit Harapan Keluarga dan Rumah Sakit Siloam.

“Itu sudah ditinjau langsung sama mereka,” katanya.

Dikatakannya, sebanyak tiga cabang olahraga yang nantinya akan diikuti peserta pada turnamen tersebut. Seperti olahraga renang dengan jarak sejauh 1,9 kilometer untuk renang dan berlokasi di pantai belakang Holiday Resort Lombok.

Sementara untuk olahraga sepeda, jarak tempuh yang akan melewati ratusan peserta yaitu 91 kilometer dari Senggigi hingga Kota Mataram dan untuk lari sejauh 21 kilometer. Untuk start – finish turnamen tersebut yaitu di Kawasan Senggigi, Lombok Barat.

Baca Juga :  Xavi akui Barcelona beruntung Bisa Mengalahkan Villarreal

“Dengan jarak tempuh yang cukup jauh, maka harus ditunjang dengan pelayanan kesehatan yang memadai,” ucapnya.

Untuk mematangkan persiapan Ironman 70.3 Lombok, Pemprov NTB dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi NTB akan menggelar road to Ironman Minggu (11/9) hari ini. Pada kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. (#).