Murid SD senang, ini yang dilakukan KKN Unram di Desa Merembu

Oleh: KKN Unram Desa Merembu

Lombok Barat, BERBAGI News
Salah satu program tambahan yang dilakukan mahasiswa KKN Terpadu Unram periode 2022/2023 yaitu calistung (membaca menulis menghitung).

Hal ini di lakukan karena berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelum terjun mengajar, terhitung bahwa 4 sekolah dasar yang ada di desa merembu ini memiliki motivasi yang rendah terutama pada baca tulis hitung.

Menurut Ketua KKN, Dandi Kharisma Putra, ini di buktikan pada saat mahasiswa mengajar di tiap sekolah dasar, ditemukan banyak siswa yang memiliki motivasi yang kurang dalam baca tulis hitung, sehingga mahasiswa melakukan cara baru pada saat proses belajar mengajar dengan cara belajar sambil bermain.

“diharapkan dapat diimplementasikan oleh siswa dengan tujuan mendorong siswa untuk belajar baca tulis dan hitung,” kata Dandi saat proses belajar. Sabtu (28/01/2023).

Jelas Dandi, beberapa contoh yang dilakukan oleh mahasiswa ialah jari hitung penjumlahan atau perkalian yang disesuaikan oleh kemampuan siswa, selain itu teka teki silang yang akan dijawab oleh siswa dengan menghitung setiap kata yang telah dijawab serta akan di jumlahkan atau dikalikan dengan kata yang sudah ditemukan sebelumnya.

“Calistung digelar pada siswa kelas rendah yaitu kelas 1,2,dan 3. Pelaksanaan program ini dilakukan selama 4 minggu di 4 Sekolah Dasar Desa Merembu,” paparnya.

Lebih lanjut kata Dandi, program ini dilaksanakan karena seluruh anggota dari KKN TERPADU Unram Desa Merembu ini berasal dari prodi PGSD, sehingga setelah melakukan observasi di tiap tiap sekolah dasar yang ada di Desa Merembu dapat sesuai dengan program tambahan yang sudah di rencanakan sebelumnya.

“Kehadiran kami dapat menambah motivasi belajar anak anak yang ada di desa Merembu ini”. Ungkapnya.

Baca Juga :  KIHT Jawaban Atas Maraknya Rokok Ilegal di NTB

Program Mahasiswa KKN Unram ini diterima dan disambut dengan baik oleh kepala sekolah dan guru guru disetiap Sekolah Dasar.

“saya berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa sudah mau membantu kami dalam mengajarkan calistung (membaca menulis menghitung) kepada siswa-siswi disini,” kata H. Hasan Bahri, S.Pd selaku kepala sekolah SDN 3 Merembu.

Program yang dilakukan adik adik mahasiswa ini, sebut H. Hasan
sangat membantu, karena memang di SDN 3 Merembu ini kekurangan guru dan juga kebetulan akan menghadapi lomba calistung.

“Semoga dengan kehadiran adik adik mahasiswa disini dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi SDN 3 Merembu ini,” harap H. Hasan. (**)