Program Indonesia Climate and Disaster Resilience Communities ditutup dengan Berbagai Pencapaian

Oleh: Isnan

Daerah319 Views

Lombok Timur, BERBAGI News – Konsorsium Untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) menggelar Workshop Exit Strategy dan Closing Program Indonesia Climate and Disaster Resilience Communities (ICDRC) di Hotel Syariah Lombok Timur, Rabu (21/6/2023).

Program ICDRC ini dirancang pada tahun 2018 bersamaan dengan kejadian gempa Lombok dan mulai efektif terimplementasi pada tahun 2019. Dalam kurun waktu lima tahun, Program ICDRC telah berupaya secara aktif dalam memberikan pelatihan, peningkatan kapasitas, serta penguatan kelembagaan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan perubahan iklim dan bencana.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan melalui sumber daya yang telah dialokasikan menghasilkan banyak pembelajaran yang dapat dipetik.

“kegiatan workshop ini tentu sangat strategis untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas pencapaian, sehingga apa yang menjadi praktik baik maupun praktik buruk itu bisa menjadi pembelajaran bersama untuk merancang kegiatan serupa di masa yang akan datang” Ucap Dr. Moh. Taqiuddin selaku Direktur KONSEPSI NTB dalam sambutannya.

Melalui kerja sama yang erat dengan pemerintah, akademisi, dan masyarakat, program ini telah mencapai sejumlah pencapaian yang signifikan. Hasil riset akhir yang dilakukan menunjukan bahwa masyarakat telah meningkatkan ketangguhan dalam aspek lingkungan yang sehat.

Selain itu, beberapa indikator seperti kondisi pangan dan gizi, kesetaraan dan pemberdayaan gender, dan peningkatan sumber penghidupan menunjukkan perbaikan. Dalam hal ketangguhan kelembagaan, KONSEPSI NTB mendukung Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim yang bertujuan untuk memprioritaskan kegiatan dan proyek yang berkaitan dengan perubahan iklim dalam setiap program pemerintah daerah, untuk secara efektif mengatasi dampaknya di kabupaten Lombok Timur. Proyek ini juga telah meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk adaptasi perubahan iklim dan manajemen bencana.

Baca Juga :  WaliKota Mataram Akan Menggerakan Perekonomian Secara Bertahap

“Hasil ini tentu merupakan hasil kerja dan milik kita bersama, berbagai capaian yang berhasil diraih tidak lepas atas dukungan bapak/ibu sekalian” ujar Nasri selaku Program Manager ICDRC.

Setelah menghasilkan berbagai pencapaian dan keberhasilan, Program ICDRC telah memasuki tahap penutupan. Strategi penutupan yang komprehensif telah dirancang untuk memastikan bahwa manfaat dan hasil dari program ini dapat berkelanjutan dalam jangka panjang.

Strategi penutupan ini melibatkan transfer pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat setempat, pembentukan kelompok mandiri, serta evaluasi menyeluruh untuk mengukur dampak dan mengidentifikasi pelajaran yang dapat diterapkan di masa mendatang.

Dalam penutupan ini, Program Manager ICDRC berharap adanya komitmen bersama untuk menlanjutkan pencapaian dan praktik baik yang telah dilakukan.

“kami sangat berharap pasca berakhirnya program ini estafet dari program-program yang sebelumnya yang sudah kita laksanakan bisa dilanjutkan oleh kita bersama, tentu dengan sumber daya yang kita miliki” Lanjut Nasri.

Diakui, program ini juga telah banyak berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Lombok Timur melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Khairul Fathi, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Kabupaten Lombok Timur menjelaskan berbagai pencapaian yang telah dihasilkan harus dilanjutkan.

“kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada KONSEPSI dan Oxfam yang telah melakukan program ICDRC di Kabupaten Lombok Timur, berbagai capaian dan praktik baik ini tentu harus kita teruskan dan tindak lanjuti” ucap Khairul Fathi, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Kabupaten Lombok Timur. (red)