Pengabdian kepada Masyarakat, IRL NTB bersama mitra PTS dan Pemerintah Kota Mataram

Daerah503 Views

Mataram, BERBAGI News – Indonesia Ramah Lansia (IRL) NTB bersama mitra PTS dan Pemerintah Kota Mataram melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung pada Ahad, 12 Nopember 2023 di Lingkungan Majeluk Kelurahan Pejanggik Kecamatan Mataram Kota Mataram.

Kegitan ini mengusung tema Mencerdaskan Masa Depan Menghormati Masa Lalu yang meliputi Skrining Kesehatan seperti ukur dan timbang TB/BB, Tekanan Darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan lingkar perut.

Selain itu juga diadakan Senam peregangan, anti stroke dan Lansia, Donor darah serta Pojok konsultasi Kesehatan.

Dalam sambutannya, Direktur IRL NTB, Dr. Agus Supinganto, S.Kep., Ners., M.Kes., CPM, sebagai mitra pemerintah kegiatan Pengabdian kepada masyarakat merupakan program dari IRL NTB melalui tema hari kesehatan Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju dan tema hari Pahlawan Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

“Sebagai wujud Kerjasama dengan dari Perguruan Tinggi Kesehatan dan Pemerintah serta implementasi Merdeka Belajar bagi Dosen dan Mahasiswa kegiatan ini memberikan pengalaman Evidence Base untuk dosen dan mahasiswa di Masyarakat,” jelas Dr. Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Pejanggik Mataram, Rahmat Fakhrurrozi, S.IP., MM, mengucapkan terima kasih kepada IRL NTB dan mitra Perguruan Tinggi Kesehatan di Mataram dan Puskesmas Pagesangan Mataram serta Puskesmas Penimbung dan seluruh Masyarakat di Kelurahan Pejanggik atas kegaiatn yang digelar.

“Semoga kegiatan yang di laksanakan oleh IRL NTB beserta Masyarakat ini bisa terjadual dan berkesinambungan dengan program Kesehatan,” harap Rahmat.

Senada juga dikatakan Kepala Lingkungan Majeluk, Lalu Ari Bardiansah, S. Adm, Ia merasa bersyukur kegiatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat dapat terlaksana.

“Kami senang karena dengan kolaburasi ini dapat memberikan informasi status kesehatan masyarakat, semoga akan terprogram secara periodik di lingkungan kami,” katanya.

Baca Juga :  Gubernur NTB Keluarkan Instruksi Wajibkan Penggunaan Masker

Puskesmas Pagesangan Kota Mataram, Wati, SKM dan Puskesmas Penimbung Lombok Barat, Ni Ketut Metri, S,Kep., Ners, menyampaikan terimakasih untuk Lurah Pejanggik dan IRL NTB yang telah menyelenggarakan kegiatan, sehingga bisa mendekatkan layanan kesehatan Puskesmas Pagesangan kepada masyarakat dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk cek rutin kesehatan, melaksanakan PHBS dan juga bersama-sama saling membantu sesama dalam kegiatan donor darah.

Iapun berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali tetapi terjadwal, sehingga kesehatan masyarakat terpantau dan juga bisa dilaksanakan di tempat yang berbeda dengan sasaran yang lebih banyak sehingga IRL NTB dan kelompok donor darah juga terbentuk di kelurahan lain khususnya di wilayah kerja Puskesmas Pagesangan dan di Wilayah Puskesmas Penimbung Lombok Barat.

“Alhamdulillah senang sekali ada kegiatan ini secara luas dengan menghadirkan masyarakat di Kecamatan Mataram. Semoga pembinaan IRL NTB melalui sekolah Lansia semakin hebat kedepannya,” harap peserta kegiatan, Hj. Hartati ketua Gempur SMART Mataram.

Target peserta 100 yang hadir 130 orang se-Kecamatan Mataram diantaranya Lurah Pejanggik Kec. Mataram, Kepala Lingkungan Majeluk Kel. Pejanggik, Puskesmas Pagesangan Mataram, Puskesmas Penimbung Lombok Barat, FK UNIZAR Mataram, Stikes Yarsi Mataram, Politeknik Medica Farma Husada Mataram, Kader Kesehatan se-Kelurahan Pejanggik Mataram, Dosen, Mahasiswa dan Relawan IRL NTB. (**)