LPTSP Kota Mataram Serahkan Gerobak Untuk PKL

Berbagi768 Views

Mataram, BERBAGI News – Sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kota Mataram dengan koordinasi Lembaga Pengelola Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (LPTSP) Kota Mataram, memberikan bantuan berupa 30 unit gerobak untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Mataram, melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).

PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Dinar Ashri, Mustaen, ST.,MT menyerahkan sebanyak 10 Gerobak dan sisanya oleh Perusahaan lainnya. Penyerahan ini merupakan rangkaian dari penyerahan Gerobah yang sebelumnya diserahkan oleh PT. Indomarco Prismatama Cabang Lombok (Indomaret) sebanyak 20 Gerobak yang diserahkan langsung oleh Deputy Branch Manager Muhammad Ismail. Sampai dengan hari ini LPTSP Kota Mataram sudah menyerahkan 50 Gerobak.

Bantuan diserahkan langsung oleh Dr H Iwan Harsono, SE, M.Ec, selaku ketua LPTSP Kota Mataram dan diterima langsung oleh Wali Kota Mataram, Dr. H Mohan Roliskana yang berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. Senin (10/07/2023).

Iwan Harsono mengatakan Menurut Surat Keputusan Walikota Mataram Nomor 531/VII/2021 Tugas LPTSP Kota Mataram adalah Melakukan inventarisasi potensi dan permasalahan CSR di Kota Mataram; Melakukan tugas dan fungsi perencanaan program kegiatan CSR; Melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha/perusahaan untuk memperoleh masukan dan pertimbangan tentang rencana program CSR yang bersinergi dengan RKPD dan RPJMD Kota Mataram; Mengajukan singkronisasi Rencana Program CSR kepada pemerintah Daerah; Mengkoordinasi rencana penanganan dan pembiayaan program kepada perusahaan pelaksana CSR; Merencanakan dan mempertanggungjawabkan dana operasional yang bersumber dari APBD dan dana pelaksanaan program CSR yang bersumber dari perusahaan. Melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan TSP; Menyampaikan laporan pelaksanaan program CSR kepada pemerintah Daerah dan perusahaan pelaksana CSR.

“Tugas kami adalah mengumpulkan kewajiban tanggungjawab sosial perusahaanperusahaan ini, yang 2 persen dari keuntungan itu, untuk memberi kontribusi di Kota Mataram, apa yang di berikan harus sesuai dengan kebutuhan”. Ujarnya saat diwawancarai.

Baca Juga :  Aruna Senggigi Bagikan Ratusan Nasi Kotak

Ia menambahkan, gerobak tersebut akan di salurkan kepada pedagang para PKL melalui Dinas Perdagangan Kota Mataram, agar para PKL tersebut nampak seragam dan cantik sesuai dengan desain gerobak tersebut.

“Gerobaknya saya serahkan ke pak wali, nanti melalui Dinas perdagangan yang akan membagi, rencananya adalah supaya mempercantik Kota Mataram ini kita mau sepanjang jalan kita berikan yang bagus – bagus ini sehingga menambah cantik kota Mataram”. Pungkasnya.

Selanjutnya Iwan Harsono mengatakan LPTSP yang dipimpin nya terus bekerja sesuai dengan target target yang direncanakan dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Mataram dan Seluruh Perusahaan yang beroperasi di Kota Mataram untuk Mataram yang Harmonis, Aman, Ramah, Unggul dan Mandiri (HARUM).

Adupun perusahaan yang tergabung dalam LPTSP tersebut antara lain Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Dinar Ashri, PT. Indomarco Prismatama Cabang Lombok (Indomaret), Bank NTB Syariah, PT Air Minum Giri Menang, PT Baling Baling Bambu, PT Varindo Lombok Inti, CV. Bedadung Indah, dan PT BPR Syariah PNM Patuh Beramal.(TK-Diskominfo)