Kemkominfo Siapkan Media Center KTT ke 43 ASEAN untuk 2.500 Jurnalis

Berita Utama752 Views

BERBAGI News – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyiapkan media center dengan kapasitas sebanyak 2.500 jurnalis untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 atau ASEAN Summit ke-43, yang akan digelar di Jakarta pada 5–7 September 2023.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong mengatakan media center tersebut akan bertempat di Exhebition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) dan beroperasi pada 2-8 September 2023 atau sebelum dan sesudah acara puncak KTT ke-43 ASEAN.

“Perkiraan daya tampung media center kita 2.500 orang. Ini juga estimasi jurnalis yang terakreditasi.  Kita memprediksikan yang meliput sampai 2.500 wartawan atau jurnalis,” kata Usman Kansong, saat Konferensi Pers Road to KTT ASEAN bertajuk “Persiapan dan Pendaftaran Media ASEAN Summit ke-43” yang digelar secara daring di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Operasional Media Center KTT ke-43 ASEAN itu akan dilakukan pada H-3 KTT untuk memberikan keleluasaan media, khususnya media asing. Rencananya dibuka pada pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

“Namun media Center bisa juga buka 24 jam jika ada kebutuhan teman-teman media,” imbuhnya.

Untuk menunjang kinerja peliputan jurnalis, Kemkominfo menyediakan jaringan internet Telkom sebanyak 240 komputer LAN Work Station dengan dedicated connection 1,5 giga byte per second (gbps) dan menyiapkan Distribution Dedicated Internasional Broadcast Center, 10 office media partner booth berkuran 5×3 meter, AV editing boothOne on One studio, dan Multi Format Broadcast Conversion.

Kemkominfo juga menyiapkan Media Briefing RoomPress Conference Room (capacity 300 pax) + interpreters Five languagesTwo Stand Up position + Webcast/Live StreamingMedia LoungeMedical Lockers and Storage FacilitiesPublication Distribution DeskPhotocopy & Stationaries Corner, beberapa monitor TV, Shuttle Bus, dan beberapa lot untuk SNG.

Baca Juga :  Tingkatkan Pengawasan di TPS, Panwascam Batukliang Gelar Bimtek Untuk 173 Pengawas TPS

Media Center Kominfo juga akan menyediakan siaran pers dalam dua bahasa, foto dan video pack juga dalam dua bahasa, clean feed broadcast, bulletin, press briefing, dan journalists technical guidelines.

“Intinya kita akan memfasilitasi teman-teman media dalam melakukan liputan seperti di KTT G20 Bali tahun lalu,” tutup Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong.

Pendaftaran Media Mulai 5 Agustus

Kemkominfo membuka pendaftaran bagi media yang akan meliput KTT ke-43 ASEAN mulai 5 Agustus hingga 25 Agustus 2023 pukul 00.00 WIB.

“Pendaftaran buat teman-teman media peliput akan dibuka hingga 25 Agustus 2023,” ujar Usman Kansong.

Klasifikasi media yang akan meliput adalah media asing luar negeri, media asing residen di Indonesia, media nasional, serta media officer (MO), Official Media (OM) dan Official Travelling Press (OTP).

Dalam proses registrasi ini, yang paling penting diperhatikan adalah harus mempunyai akun pada situs registrasi media terlebih dahulu.

Adapun urutan mekanisme pendaftarannya adalah sebagai berikut, melakukan sign up untuk mendapatkan user akun padahttps://media-registration.asean2023.id/, kemudian isian detail pada form sign up, cek e-mail untuk mendapatkan password login, serta kemudian melakukan login dan register pada acara KTT ke-43 ASEAN untuk proses akreditasi.

“Media yang terakreditasi dari Kementerian kominfo adalah salah satu syarat pengambilan ID batch media. Ada help desk-nya yaitu mediaregistration@asean2023.id dan ada layanan WhatsApp juga,” jelas Usman Kansong.

Proses registrasi tersebut dikatakan Usman tidaklah rumit dan sudah pernah diterapkan Kemkominfo saat acara internasional KTT G20 di Bali dan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo beberapa bulan lalu. (IP)