Festival Randai Mandabua Ombak, Siswa SMP Unjuk Kebolehan

Padang, BERBAGI News – Siswa SMP se-Kota Padang unjuk kebolehan menampilkan legenda Minangkabau dalam Festival Randai Mandabua Ombak, di Pantai Purus, Sabtu (5/8/2023) pagi. Penampilan randai yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Padang itu, sukses memukau penonton.

“Terima kasih kepada anak-anak kami yang betul menghayati sejarah dan legenda Kota Padang. Kelihatan mereka sangat mendalami peran menuturkan dialog tanpa teks, artinya juga memahami isi serta pesan dalam penampilannya,” ujar Wali Kota Padang Hendri Septa memberi sambutan.

Pertunjukan Randai Mandabua Ombak rencana awalnya diselenggarakan pada Jumat malam, (4/8/2023). Namun ditunda menjadi Sabtu pagi setelahnya, akibat cuaca yang tidak mendukung.

“Terima kasih telah hadir dari pagi bertahan sampai sekarang. Walaupun tadi malam kita diguyur hujan lebat. Namun semangat anak-anak dalam menampilkan legenda kita sangat membanggakan,” katanya.

Hendri Septa menuturkan, pertunjukan Randai Mandabua Ombak merupakan upaya pelestarian budaya kearifan lokal Minangkabau. Sebab, siswa sekolah merupakan pewaris budaya yang harus tetap dipertahankan kelestariannya.

Pada kesempatan itu, siswa SMP N 17 Padang menampilkan cerita Siti Nurbaya, SMP N 29 Padang menampilkan sejarah monumen Padang Area. Sementara, SMP N 32 Padang menampilkan cerita Bagindo Aziz Chan serta SMP N 42 menampilkan legenda Malin Kundang.

“Penampilan yang luar biasa, tentunya kita harap lain kali terus ditampilkan untuk berbagai kesempatan,” tutup Hendri Septa. (IP) 

Baca Juga :  Amman Mineral Nusa Tenggara Bantu Danai Penelitian Pemeringkatan cagar budaya