by

Dilema Rinjani, Antara Ironi dan Harapan

Oleh : Beni Rio Wibawanto (Taman Nasional Gunung Rinjani)

Sahabat, melalui media ini saya ingin sampaikan pada sahabat beserta kawan maupun keluarga anda. Apa yang saya lihat dan saya rasakan selama tugas di Taman Nasional Gunung Rinjani ini.

Saya akui dan tentu banyak yang sepakat. Banyak orang bangga dengan Rinjani yang keren, terkenal indah bahkan dilabelin bintang 5 pendakian.


Tetapi ada sisi lain dimana Rinjani memiliki tantangan berat dan makin berat ke depan jika kita tidak segera sadar dan berempati pada Rinjani yang terkenal itu.


Faktanya banyak masyarakat Lombok yang hobi berburu, pikat, jerat burung, rusa dan lain sebagainya. tehnik mereka sangat canggih, menggunakan tips dan trik panggil burung dr youtube, lalu jerat atau bahkan tembak mati.

Lihat hampir semua wilayah kita bisa temukan orang bawa senapan angin, mulai Lombok Tengah hingga Lombok Timur. Beberapa kali kami tangkap. Tetapi masih banyak yang berkeliaran dan Kalau kami tangkap semua pasti penjara penuh.

Jujur.. saya pribadi sangat sedih melihat apa yang terjadi. Ini alam ciptaan Tuhan harusnya kita jaga dan kita lestarikan, Bukan dihabisin dengan alasan hobi, ekonomi dll


Kita hanya bagian kecil dari alam. Lihat sekarang. ketika alam mengatur kita lewat sebuah virus Corona.

Bayangkan jika hutan juga habis, Satwa habis, lantas Apa enaknya hidup di Lombok dengan bencana yang menghantui?.

Apa yang kita wariskan ke anak anak tentang Rinjani? Apakah kita mau burung berkicau di sangkar lalu punah di hutan?

Apa bangganya Wisata Rinjani Lombok yang hebat smentara isi dalamnya rapuh dimana satwanya menuju punah?

Tolong.. sebarkan..sampaikan ke saudara saudara kawan kita yang belum paham, yang masih berburu di hutan.. . mari hentikan..

Baca Juga :  Catatan Nayla

Jangan lagi kita undang masalah dengan alam, Untuk yang sadar.. mau serahkan sukarela burung yang sudah ditangkap atau di kurungan, mari. hubungi kami. kami akan membantu niat baik anda. Atau hubungi petugas di kantor Taman Nasional terdekat.

Utk para pemburu, Marilah.. kami ingin mengajak anda mengubah pengetahuan anda menjadi positif misalnya menjadi guide burung. Anda bisa hasilkan uang tanpa melukai atau membunuh burung itu..

Mari bersama sama kita pulihkan Rinjani kita, Karena hutan Rinjani adalah harapan kita semua.. dan harapan anak cucu kita Kelak.

News Feed