by

Ringankan Beban Orang Tua, Kelompok 6 KKN GNRM Unsa Gelar Bimbel di Kelurahan Uma Sima

Sumbawa, BERBAGI News – Bimbingan belajar (Bimbel) merupakan suatu kegiatan tambahan yang diberikan kepada anak untuk meningkatkan intensitas belajar pada anak.

Bimbingan belajar untuk anak juga tak lepas dari pro dan kontra, sebagian orang berpendapat bahwa bimbingan belajar membuat anak akan kehilangan masa anak-anaknya karena terlalu sibuk untuk mengikuti bimbingan belajar. Akan tetapi, faktanya tak sedikit anak yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan hasil belajar anak. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa bimbel memiliki nilai positif terhadap hasil belajar anak.

Dalam kesempatan kali kami ingin menceritakan mengenai pengalaman bimbingan belajar kami selama melaksanakan kegiatan program KKN GNRM UNSA Kelompok 6 melalui Program Mengajar Di Desa yang dilasanakan di Masjid Al-Muhsin Kelurahan Uma Sima tepatnya di pemukiman Samawa Regency. Kegiatan bimbingan belajar ini dilakukan setiap hari senin S/d Jum’at pada pukul 15.30 WITA sampai dengan pukul 16.30 WITA.

Antusiasme dari anak-anak di pemukiman tersebut sangat tinggi dalam mengikuti bimbingan belajar. Anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar mulai dari umur 3,5 tahun sampai dengan umur 8 tahun yang berjumlah 10 orang.

Bimbingan belajar darikegiatan program KKN GNRM UNSA Kelompok 6 melalui Program Mengajar Di Desadi bagi menjadi 2 kegiatan yaitu bimbingan belajar umum dan bimbingan belajar mengaji. Bimbingan belajar untuk umum di fokuskan pada anak SD yang diutamakan ketika anak tersebut mendapat tugas (PR) dari guru sekolah kemudian dikerjakan bersama-sama setelah kegiatan belajar mengaji atau dengan sistem dor too dor.

Waktu yang digunakan untuk bimbingan belajar mengaji yaitu 1 jam dari pukul 15.30 wita sampai dengan 16.30 Wita. Untuk bimbingan belajar umum dilakukan setelah anak-anak mengikuti bimbingan belajar mengaji, waktu yang digunakan untuk bimbingan belajar umum yaitu 30 menit.

Baca Juga :  Kelas Jurnalisme Digital, AMMAN: Peduli Kapasitas Wartawan

Ketua kelompok 6 KKN Unsa mengatakan, kegiatan ini di laksanakan dengan tujuan untuk meringankan beban orang tua atau membantu orang tua dalam mengerjakan tugas sekolah anaknya terutama di masa pandemi. (byu)