by

Gempita MotoGP, Geliatkan Ekonomi Lombok

Mandalika, BERBAGI News – Dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan dikeliling perbukitan dan pesisir selatan Lombok, Sirkuit Pertamina Mandalika bisa menggeliatkan dunia olahraga otomotif dan juga ekonomi setempat.

“Perhelatan-perhelatan besar setiap tahun di Sirkuit Mandalika, kita harapkan memunculkan titik-titik ekonomi baru di NTB,” kata Jokowi setelah peresmian sirkuit pada Jumat (12/11/2021) lalu.

Gempita MotoGP juga dirasakan oleh Mulyadi, seorang pelaku usaha kecil dan menengah di wilayah Lombok Timur.

Pria yang bergerak di sentra kerajinan khas Lombok itu, bersama rekan-rekan sesama pengrajin merasakan dampak krisis kesehatan global terhadap usaha mereka.

“Kami benar-benar melempem, bingung mau pasarkan ke mana,” kata Mulyadi.

Namun, berbagai ajang balap internasional yang dijadwalkan di Mandalika membawa optimisme baru kepada pelaku UMKM setempat dan peluang ‘go global’.

“Jujur saya kaget Lombok ternyata bisa juga berkelas dunia,” kata Mulyadi di galeri kerajinan Lombok Mulya Craft.

“Mudah-mudahan dengan adanya MotoGP ini kami selaku pelaku wisata di bidang UKM bisa lebih bersemangat.”

Keunggulan Mandalika yang dikelilingi pantai indah berpasir putih itu memang tidak didapati di sirkuit balapan dunia lainnya.

Bahkan juara dunia Mick Doohan berkelakar para pebalap akan sangat sulit membedakan antara balapan atau liburan ketika tiba di Sirkuit Mandalika.

“Saya takut pebalap tidak bisa membedakan mana balap, mana liburan. Karena konsep sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pebalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika ini bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini,” kata Doohan.

Juara dunia lima kali era 500cc itu juga menilai Sirkuit Mandalika menantang karena memiliki karakteristik sirkuit cepat.

“Perubahan terjadi sangat cepat dari satu titik ke titik lainnya. Artinya, akan berlangsung balapan yang sangat ketat. Pemenangnya akan ditentukan pada lap terakhir. Sangat menarik,” puji Doohan.

News Feed