by

Beras Melimpah, KKN Unram Luncurkan Kerupuk Beras “RICIP”

Narmada, BERBAGI News – Melihat besarnya potensi pertanian berupa hamparan sawah di Desa Mekarsari, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) menggelar Pelatihan sekaligus peluncuran kerupuk beras dengan merk “RICIP” di Desa Mekarsari Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Ketua KKN Tematik Unram desa Mekarsari, Safrullah, mengatakan, acara pelatihan tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yaitu presentasi proses pembuatan kerupuk beras secara umum yang dilanjutkan dengan demo oleh mahasiswa KKN, kemudian sosialisasi branding produk dan cara pemasaran produk secara online.

“Kegiatan ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan bimbingan kepada masyarakat pembuatan hingga cara pemasaran produk,” katanya saat Kegiatan Pelatihan berlangsung di Aula Kantor Desa. Minggu (23/01/2022).

Pelatihan tersebut, menurutnya, bukan hanya untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan pengelolaan beras melainkan mencakup keseluruhan proses pengembangan ide hingga cara pemasaran produk sehingga masyarakat dapat bersaing dengan produk yang sudah berkembang saat ini.

Pada kegiatan demo pembuatan kerupuk beras, masyarakat terutama ibu-ibu terlihat sangat antusias ikut serta dalam seluruh proses pembuatan kerupuk.

Kerupuk beras dengan merk “RICIP” yang diluncurkan pada kegiatan ini memiliki tiga varian rasa yaitu balado, original, dan pedas.

Salah seorang peserta pelatihan, ibu Halimah mengaku senang dan sangat tertarik dalam kegiatan tersebut.

“Kerupuk yang dihasilkan sangat enak dan prosesnya cukup mudah untuk diikuti sehingga saya juga ingin untuk dapat mengembangkan produk ini,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri oleh 20 orang warga masyarakat desa Mekarsari yang terdiri dari Kepala Desa, Ibu-ibu PKK, serta perwakilan dari setiap dusun di desa tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Sapinah, sangat senang dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut karena dapat menjadi suatu usaha baru masyarakat dengan mengelola potensi beras yang melimpah.

Baca Juga :  Isu-Isu dalam Dunia Pendidikan: Rendahnya Pemerataan Kesempatan Pendidikan di Indonesia

“Hal ini dapat membantu perekonomian warga ditengah kondisi pandemi saat ini serta mendukung perkembangan desa wisata Mekarsari,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan pembuatan kerupuk beras tersebut, kelompok mahasiswa KKN Tematik Unram berharap masyarakat dapat segera mengembangkan produknya sendiri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat di Desa Mekarsari. (DA)