Desa Preneur, KKN Unram Bangkitkan Budidaya Madu Trigona di Desa Batu Mekar

Oleh: KKN Unram Desa Batu Mekar

Lombok Barat, BERBAGI News – Meningkatkan pendapatan masyarakat yang sasaran khususnya UMKM setempat melalui peningkatan produktivitas budidaya madu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata KKN Universitas Mataram (KKN TEMATIK UNRAM) Tahun 2022/2023 yang berjumlah 10 orang di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan program KKN dengan tema Desa preneur.

Desa Reban Madani merupakan salah satu Desa pemekaran dari Desa Batu Mekar kecamatan Lingsar kabupaten Lombok Barat, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Hal ini dikarenakan di desa Reban Madani memiliki iklim kemarau, pancaroba dan penghujan. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap pola tanam pertanian yang ada di desa Reban Madani, sehingga masyarakat di desa Reban Madani memilih untuk menanam buah-buahan.

Adapun potensi sumber daya alam yang melimpah di desa Reban Madani yaitu perkebunan Manggis, Durian, dan Rambutan, yang biasa disingkat dengan kata MADURA. Dengan ketersedian sumber daya alam inilah Desa Reban Madani, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat menjadi salah satu lokasi yang cocok sebagai tempat pembudidayaan lebah madu Trigona.

“Di desa Reban Madani sendiri sudah ada beberapa masyarakatnya yang beternak atau membudidayakan lebah madu Trigona namun masih banyak masyarakatnya yang belum tau cara budidaya lebah madu Trigona,” kata ketua kelompok KKN Unram, M. Badrio Saputra kepada media keterangan tertulis yang diterima media. Kamis (02/02/2023).

Dengan hal tersebut, Mahasiswa KKN Unram mulai membangkitkan kembali budidaya madu Trigona di Desa Reban Madani dengan mengadakan sosialisasi serta mengundang pemateri yang memang ahli dibidang budidaya madu Trigona.

“Masyarakat juga jadi mengetahui tekhnik atau cara budidaya madu yang baik dan benar serta produksi madu yang higenis,” kata Badrio.
Kemudian jelas badrio, mempraktekkan ke masyarakat tekhnik pembuatan dan penggunaan stup yang modern serta teknik panen dan pemasaran produknya.

Baca Juga :  Manusia dan kepentingannya pada tatanan Ekosistem Dalam Teori Etika Lingkungn Antroposentrisme

Sejalan dengan hal itu, Mahasiswa Unram pada saat itu juga sudah membentuk 2 kelompok tani budidaya lebah madu Trigona yaitu kelompok Beemadu dan kelompok Tripad, yang setiap kelompok beranggotakan 10 orang.

Dimana kelompok pertama (Beemadu) di ketuai oleh Kamaludin yang berasal dari dusun Batu Rimba dan kelompok kedua (Tripad) diketuai Badri yang berasal dari dusun Karang Temu. Dan pada saat itu juga dilanjutkan dengan penyerahan stup lebah Trigona oleh ketua kelompok KKN yaitu M. Badrio Saputra beserta anggotanya kepada kedua kelompok ternak madu yaitu kelompok Beemadu dan kelompok Tripad.

Usai sosialisasi, Kepala Desa Reban Madani, Mawar Diasih beserta jajaran aparat desanya serta masyarakat kelompok ternak lebah madu Beemadu dan Tripad sangat senang dan merespon positif serta bertekad untuk mengembangkan ternak lebah madu jenis Trigona Clypearis.

Photo: Pengesahan kelompok ternak oleh Kepala Desa Reban Madani, Mawar Diasih.

“Semoga nantinya disamping dapat meningkatkan pendapatan kelompok ternak lebah madu khususnya masyarakat desa juga sebagai atraksi wisata yang dapat menunjang pengembangan Desa Wisata di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat,” harapnya. (**)