Pelantikan Muslimat Al Washliyah Nusa Tenggara Barat, Pulau Seribu Masjid

Daerah650 Views

BERBAGI News – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Al Washliyah Dra. Hj. Nurliati Ahmad, MA. dari Jakarta secara resmi telah melantik Pengurus Pimpinan Wilayah Muslimat Al Washliyah Provinsi Nusa Tenggara Barat [NTB] Masa Bakti Tahun 2022-2027 pada hari Ahad, 16 Juli 2023 bertempat di Gedung Aula Ikatan Keluarga Alumni Unram Jln. Pemuda 33 Mataram.

Hadir dalam pelantikan Pengurus Wilayah Muslimat Al Wahliyah Prov. NTB, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Al Washliyah, Dra. Hj. Nurliati Ahmad, MA, Ketua Pimpinan Pusat Muslimat Al Washliyah Dr. Hj. Barkah Jalil, Lc, serta Sekjend. Dr. Yossy Nurul Hidayati, M.Si. dari Jakarta. Juga hadir Kepala Bakesbangdagri Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili Jauhari Muslim, S.Sos. Pimpinan Wilayah Al Washliyah Prov. NTB, diwakili oleh Aswan Nasution, Ketua Keluarga Besar IKMSU [Ikatan Keluarga Muslim Sumatera Utara] dr. H. Abdurazak Dalimunte, S.pA, Ibu-ibu Ketua Majelis Ta’lim dan Dharma Wanita sekota Mataram dan para tamu undangan lainnya.

Dengan suasana hangat penuh keakraban dalam acara pelantikan dan dilanjutkan dengan Rakerwil Pimpinan Wilayah Muslimat Al Washliyah Provinsi Nusa Tenggara Barat Masa Bakti 2022-2007. Dalam sambutan dan pengarahan Ketua Umum PP Muslimat Al Washliyah oleh Dra. Hj. Nurliayah Ahmad, MA. yang mengatakan bahwa sangat bersyukur dan penuh bahagia bahwa hari ini Ahad, 16 Juli 2023 dapat melantik Pengurus Wilayah Muslimat Al Washliyah Nusa Tenggara Barat.

“Dengan penuh harapan setelah pelantikan ini, segera pengurus dan jajarannya dapat menyusun program kerja yang sederhana tapi dapat langsung menyentuh kebutuhan umat baik dalam bidang pendidikan, dakwah, sosial, dan pemberdayaan ekonomi umat yang menjadi pilar perjuangan oraganisasi Al Washliyah secara umum,” ungkapnya.

Dan tak kalah pentingnya, jelas Hj. Nurliati, Muslimat Al Washliyah NTB dapat berkolaborasi bersama organisasi Islam lainnya yang ada di NTB ini seperti ‘Aisyiyah Muhammadiyah, Muslimat NU, Muslimat NW dan organisasi wanita Islam lainnya, kesemuanya itu adalah merupakan mitra kerjasama.

Selanjutnya Hj. Nurliati Ahmad mengatakan bahwa Muslimat Al Washliyah yang lahirnya di Kota Pematang Siantar Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 12 Januari 1935 dalam i’tikad Ahlus Sunnah Waljamaah [ASWAJA] bermazhab Syafi’i, keberadaan Muslimat ini bukan saja ada di daerah-daerah- Indonesia, tapi sudah berkembang sampai keluar negeri sebagai perwakilan seperti di London-Inggris, Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam,Thailand, Mesir.

“PW Muslimat Al Washliyah dapat benar-benar menjalankan amanah organisasi ini, yang menjadikan rujukan dan berpedoman kepada AD/ART organisasi Al Washliyah sesuai dengan keputusan Muktamar Muslimat Al Washliyah. Diakhiri dengan penyerahan bendera pataka Muslimat Al Washliyah kepada Ketua Pimpinan Wilayah Muslimat Al Washliyah Prov. NTB, Mariani Napitupulu, S.Sos, untuk dikibarkan keseluruh pelosok daerah. Semoga Jayalah Al Washliyah Zaman Berzaman,” tutupnya.

Pada sambutan Kepala Bakesbangpoldagri Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang diwakili oleh Jauhari Muslim, S.Sos. yang diawali ucapan selamat kepada Pengurus Wilayah Muslimat Al Washliyah Prov. NTB, secara adminstrasi telah terdaftar di Bakesbangpoldagri Provinsi NTB. No: 220/108/II/BKBDN/2023.

Jauhari mengatakan tentang organisai Al Washliyah ini tidaklah asing baginya karena sejak dahulu sudah mengenalnya melalui buku sejarah, sebab saya senang membaca buku sejarah, maka dengan kehadiran PW Muslimat Al Washliyah NTB di Pulau Seribu Masjid ini hendaknya dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat, termasuk yang menjadi program Bakesbangpoldagri Provinsi NTB salah satu diantaranya adalah mewujudkan Kelurahan/Desa Bersinar [Bersih dari Narkoba].

Baca Juga :  Musdes Wonomarto : 134 KK Penerima BLT Dana Desa 2020

“Tahun 2023 ini tahun politik, diperlukan adanya kolaborasi seluruh lapisan masyarakat bersama untuk menciptakan situasi kondisi yang damai di pemilihan umum [pemilu] 2024 mendatang,” pesan Jauhari.

Pengurus Wilayah Al Washliyah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili Oleh Aswan Nasution, menyampaikan sambutannya, yang pertama menyampaikan tahniah ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang baru di lantik oleh Ketua Umum PP Muslimat Al Washliyah dari Jakarta, semoga pengurus ini dapat menjalankan tugas dan melaksanakan amanah yang mulia ini dari oraganisasi yang bergerak dalam pengembangan pendidikan, dakwah, amal sosial dan memperdayaan ekonomi umat, yang dirindukan oleh masyarakat masa kini.

Aswan Nasution, menjelaskan bahwa organisasi Al Jami’yatul Washliyah ini sebenarnya tidaklah asing bagi para tokoh dan ulama yang terdahulu yang ada di Lombok, karena Al Jami’yatul Washliyah ini dikenal melalui jalur persahabatan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid sebagai Pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Wathan [NW] terbesar di pulau Lombok dengan Syaikh. Adnan Lubis [tokoh organisasi al-Washliyah Medan] kedua tokoh ulama ini bersama menuntut ilmu di Masjidil Haram dan Madrasah as-Saulatiyah. Demikian pula TGH. Lalu Ahmad Suparlan, MA dari Kopang-Lombok Tengah, Ketua pertama PW Al Washliyah Prov. Nusa Tenggara Barat juga besahabat dengan Syaikh. Abdul Majid Siraj, MA.[tokoh dan ulama al-Washliyah-Medan] bersama menuntut ilmu di Universitas Al Azhar-Cairo-Mesir.

Selanjutnya Aswan, mengatakan bahwa disetiap Provinsi dan daerah ada melahirkan sebuah organisasi yang hebat dan luar biasa seperti organisasi Islam Muhammadiyah lahir di Yogyakarta, Nadlatul Ulama [NU] di Jombang, Jawa Timur. Al Jam’yatul Washliyah lahir di Medan, Sumatera Utara. Nahdlatul Wathan di Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. dan lainnya.

“PW Muslimat Al Washliyah Nusa Tenggara Barat untuk dapat seiring selangkah, bergandengan tangan, bersenergi dengan organisasi Islam wanita lainnya, agar dapat menjalin kerjasama yang baik, karena kehadiran Muslimat Al Wahliyah ini bukan untuk menjadi tandingan dan saingan tetapi adalah bersanding dalam upaya melayani umat [fastabiqul khairat],” ajak Aswan.

Ketua Pimpinan Wilayah Muslimat Al Washliyah Prov. NTB Mariyani Napitupulu, S.sos. ucapan terima kasih kepada Ketua Umum PP Muslimat Al Washliyah telah banyak memberikan bimbingan dan pembinaan selama ini sehingga hari ini dapat terselenggaranya pelaksanaan pelantikan Pengurus Wilayah Muslimat Al Washliyah NTB Masa Bakti Tahun 2022–2027. juga Bapak Kepala Bakesbangpol Dagri Prov. NTB, Pengurus Wil. Al Washliyah NTB, Ketua IKMSU, dan semua pihak yang tak dapat kami sebut satu persatu yang telah memberikan bantuan dan dukungan baik berupa materi maupun moril semoga Allah SWT memberikan balasan pahala yang berlipat ganda.

Pembacaan do’a penutup dipimpin oleh H. Subki, S.Sos. semoga Allah SWT dapat meridhai setiap langkah dan segala program organisasi sehingga dapat berjalan dengan lancar. Aamiin ya rabbal a’lamiin. (red)