Bale Media Gelar Diskusi Jurnalistik, Terima Rilis Perlu Cek Ricek

Berita Utama408 Views

Mataram, BERBAGI News – Bertempat di sekretariat Yayasan Tangan Berbagi Indonesia Kota Mataram Nusa Tenggara Barat, sejumlah wartawan media online, media cetak dan penyiar yang tergabung dalam komunitas Bale Media mengadakan diskusi jurnalistik yang perdana dengan mengangkat tema bagaimana media massa menyikapi berita rilis. Sabtu (28/8/21).

Hadir sebagai narasumber Yan Mangandar Putra, SH.,MH  PBH Mangandar dan Relawan Sahabat Anak, Riza Fahriza kepala Biro Antara NTB, Sukri Ray Aruman, Praktisi dan konsultan Media yang dipandu oleh host Dedi Suhadi Radio Elshinta.

Banyaknya rilis dari instansi pemerintah atau swasta yang diterima redaksi media massa perlu dilakukan cek-Ricek. Hal ini untuk memberikan keyakinan, bahwa informasi yang disampaikan benar selain melakukan pendalaman informasi.

“Cek-Ricek perlu dilakukan oleh wartawan saat menerima rilis,” kata Kepala Biro LKBN Antara NTB, Riza Fahriza.

Dijelaskannya, wartawan harus mampu membaca arah rilis dan memahami isunya sehingga ketika melakukan pendalaman ada nilai lebih dari berita tersebut.

Namun, jika rilis yang diterima tidak dipahami apalagi setelah dilakukan cek ricek juga tidak paham, lebih baik rilis tidak dinaikkan.

“Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” katanya.

Senada, praktisi media Sukri Ray Aruman menyatakan persoalan cek Ricek wajib dilakukan sebelum menaikkan berita dan informasi agar diklarifikasi.

Sebenarnya, kata Ray sebuah berita akan memiliki nilai lebih jika redaktur atau penanggung jawabnya memiliki pemahaman lebih baik dari wartawannya.

“Ini bisa menjadikan media bersangkutan memiliki karakter,” katanya.

Sementara praktisi hukum yang juga relawan sahabat anak, Yan Mangandar Putra, SH, MH meminta dan berharap media dalam menulis berita atau penerbitan rilis harus berhati hati tetap menggali isinya, agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Baca Juga :  Penghentian Operasional Penerbangan Penumpang Komersial di Bandara Lombok

“Memberikan pembelajaran kepada masyarakat, terbiasa dengan yang benar berdasarkan fakta, tidak berdasarkan opini,” harapnya

Kegiatan diskusi jurnalistik Bale Media ini diharapkan bisa terlaksana setiap bulan berbagi ilmu berbagi pengalaman menjadi wartawan yang professional. Bale Media sebagai wahana diskusi para insan jurnalis, peminat di bidang jurnalistik juga penyiaran dengan menghadirkan narasumber berpengalaman di bidangnya. (red)