by

Pemasaran Digital Era Pandemi, KKN Unsa Dampingi UMKM

-Pendidikan-143 views

Sumbawa, BERBAGI News – Untuk membentuk sikap kepedulian mahasiswa dalam bentuk wujud pengabdian kepada masyarakat, kelompok 14 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Samawa memberikan pendampingan dan penguatan terhadap aspek yang dituju kepada masyarakat terkait pandemi Covid-19. Sosialisasi kepada pelaku UMKM melakukan bisnis online dengan cara situs E-commerce, salah satu solusi yang dapat di terapkan oleh masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

“Berbisnis di masa pandemi Covid 19 ini tentunya bagi customer yang tidak bisa berbelanja langsung tentu dengan adanya bisnis E-commerce ini bisa dengan mudahnya mendapatkan apa yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah,” jelas ketua kelompok 14 KKN Unsa Hendriansyah.

Masyarakat Indonesia kini tengah menghadapi pandemi Covid-19. Pada saat ini pemerintah langsung melakukan isolasi terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19, terkait hal tersebut aktivitas masyarakat begitu terbatas.

Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat sangat panik, terutama penurunan ekonomi mereka yang kian harinya memburuk. Pada masa ini masyarakat harus mampu menyesuaikan diri terhadap situasi yang tengah di hadapi agar bisa bertahan hidup, meskipun segala kegiatan harus dilakukan secara online, tetapi inovasi harus terus di kembangkan.

Usaha yang paling papuler di era pandemi ini dan menjadi suatu pusat perekonomian bagi pelaku UMKM saat ini adalah bisnis online. Pelaku UMKM masih banyak yang merasa kesulitan untuk mempromosikan produknya di era pandemi ini tepatnya di dusun genang genis desa kerato Sumbawa.

“Kami sulit sekali untuk mencari daya minat pembeli karena pandemi ini benar-benar membatasi aktivitas kami,” keluh ibu Ratna pelaku UMKM.

Pada saat ini juga kegiatan dibatasi yang membuat pelaku UMKM tidak maksimal dalam kegiatan jual beli, dampaknya terlebih lagi dalam pengeluaran dan pemasukan mereka menjadi tidak menentu dan itu membuat mereka mengeluh dan bingung dalam mengatur keuangan.

Baca Juga :  Siswa SMKN 2 Gerung Ciptakan Cold Storage, Tahap Awal Gubernur Pesan 20 Unit

Melalui kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Samawa dengan tema “Penguatan Kapasitas Masyarakat melalui KKN gotong royong melawan Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru”. (red)

News Feed