KKN Tematik Unram bersama Portir Indonesia Melakukan Penghijauan di Desa Bunut Baok

Pendidikan72 Views

Lombok Tengah, BERBAGI News – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Bunut Baok periode 2021 dan Portir Indonesia melakukan kerjasama dalam melakukan penghijauan di sekitar area Berugak Numpang Seneng. Portir Indonesia merupakan organisasi internasional yang tidak dinaungi oleh pemerintah atau International Non-Government Organization (NGO) yang bergerak dalam bidang lingkungan.

Organisasi ini meyakini pentingnya perlindungan dalam lingkungan hidup. Portir Indonesia terletak di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Portir Indonesia yang berada di wilayah Lombok memiliki misi menanam satu juta pohon hingga tahun 2024.

Dalam kesempatan ini Portir Indonesia mengajak KKN Tematik UNRAM yang berada di Desa Bunut Baok, Praya, Lombok Tengah untuk melakukan penghijauan dalam bentuk penanaman tanaman jenis pucuk merah.

“Setelah mengadakan sosialisasi “SADAR LINGKUNGAN” sebelumnya dengan Narasumber dari Pembina Portir Indonesia sendiri, maka dari sana kami berdiskusi untuk giat penghijauan,” jelas Dony Ramdhani Subagdja ketua KKN.

Penanaman ini dilakukan di sekitar area Berugak Numpang Seneng yang terletak di Dusun Marung, Desa Bunut Baok Kecamatan Praya pada hari Rabu (30/06/2021).

Dalam menyesuaikan tema mahasiswa KKN Desa Bunut Baok yaitu pariwisata dan lingkungan tentu dengan melihat potensi dan masalah yang ada di lingkungan masyarakat, banyaknya sampah dan banyaknya penebangan pohon, hal tersebut tentu dijadikan sebagai fokus utamanya dalam melaksanakan penghijauan Desa Bunut Baok yang berkolaborasi bersama Portir Indonesia.

“Yang kita bicarakan ini adalah bagaimana kita mengeksekusi Bunut Baok menjadi sesuatu,” ujar Ibu Maya Suripto selaku Pembina Portir Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diusung di lakukan penghijauan yang menjadikan “sesuatu”. Dalam penanaman pohon mengubah salah satu tempat khususnya di Dusun Marung sebagai tempat spot wisata yang dikelilingi oleh pepohonan dan pemandangan kota Praya.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN Unram Kelurahan Sasake Lakukan Sosialisasi Zero Waste

Kelompok KKN tematik Unram Desa Bunut Baok membuat area Berugak Numpang Seneng tersebut menjadi hijau dengan penanaman tanaman pucuk merah sebagai tanaman penghias.

Sementara itu pemerintah desa, Lalu Muzanni Kepala Desa Bunut Baok mengapresiasi kegiatan penanaman tersebut dan berterima kasih kepada para mahasiswa Unram dan Portir Indonesia yang telah melakukan penghijauan di daerahnya.

“Saya mewakili seluruh warga desa bunut baok sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan di Desa Bunut Baok masih minim perhatian. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membangun kesadaaran dalam diri warga Desa Bunut Baok akan pentingnya menjaga lingkungan,” kata Muzanni.

Kades juga berharap kegiatan tersebut tetap dilaksanakan secara berkelanjutan di Desa Bunut Baok agar tercipta Desa Bunut Baok yang sejuk rindang dan asri. (red)