Jelang Pencoblosan, Cipayung Plus Mataram Deklarasi Pemilu Damai

Berita308 Views

Mataram, BERBAGI News – Deklarasi OKP Cipayung Plus Kota Mataram diawali dengan melakukan Diskusi Publik bertemakan Waktunya Pemuda Mengambil Peran Menuju Indonesia Emas.

Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Bima Munali Magho menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap peran Pemuda di Pemilu 2024.

“Pemuda merupakan harapan dan aset Bangsa karena perubahan suatu bangsa bergantung pada Pemuda. Oleh sebab itu pemuda harus harus memiliki Visi-Misi yang jelas sehingga dapat terwujudnya perubahan bangsa. Akan tetapi hal penting yg harus di miliki oleh Pemuda adalah semangat Patriotisme yaitu mencintai Tanah air dengan Tulus, merupakan salah satu bentuk menghargai jasa para pahlawan. Salah satu bentuk kecintaan akan tahan air dengan menggunakan hak suara kita untuk memilih calon pemimpin bangsa yang menurut kita terbaik dan jangan Golput.” tegas Bima saat gelar deklarasi Selasa (13/02/2024).

Sementara itu, Ketua Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Mataram Satya Ubhaya Sakti menyampaikan bahwa masyarakat harus berani untuk melaporkan apabila adanya kecurangan di pemilu 2024 dan Sebagai pemuda harus terlibat dalam pemilu.

“Sebagai Pemuda harus berani melaporkan kecurangan – kecurangan dalam pemilu 2024
sehingga indonesia emas bisa terwujud
Indonesia emas akan berubah indonesia cemas apabila pemuda tidak berani melaporkan kecurangan-kecurangan yang terjadi, Pemilu di tahun 2024 harus turut ambil bagian dan masuk sebagai penyelenggara pemilu dalam hal ini sebagai anggota kpu atau bawaslu sehingga kita bisa melihat langsung apabila ada kecurangan-kecurangan dalam proses Pemilu dan kita harus berani melaporkan kejadian tersebut.” ujar Satya

Ketua Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Cabang Mataram Eka Widiantara menyampaikan pemuda harus memberikan kontribusi sehingga terwujudnya Indonesia Emas 2045 dan terkhususnya pemuda NTB harus melibatkan diri di pemilu 2024.

Baca Juga :  Non Tunai, Pembagian BLT Dana Desa Wonomarto Tahap II

“Kita sebagai pemuda harus punya kontribusi untuk bangsa dan negara melalui ide dan gagasan kita sehingga apa yg menjadi cita-cita kita menuju indonesia emas di tahun 2045 bisa terwujud, pemuda – pemudi khususnya di NTB harus menggunakan hak suaranya untuk memilih dan tidak golput.” ucap Eka

Ketua Umum Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PD KAMMI) Cabang Mataram, mengajak keterlibatan semua elemen untuk menjadi penyeimbang untuk memilih calon pemimpin yg mempunyai gagasan dan ide untuk Menuju Indonesia Emas 2045.

“Mengajak semua elemen pemuda dapat berperan aktif dan bisa menjadi katalisator dalam pemilu ini, sebagai mahasiswa dan pemuda harus bisa memilih pemimpin secara rasional, karena pemimpin yang baik akan menentukan apa yang menjadi cita-cita kita untuk menuju indonesia emas di tahun 2024.” tegas Khairul

Lebih lanjut, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Mataram yang dalam kesempatan ini diwakili Kabid Riser PC IMM,Hamid, menyampaikan pandangannya bahwa pemuda harus mempertahankan pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide atau akal pemikiran manusia di tengah maraknya politik uang sehingga negara aman.

“Pemuda dan aktivis harus pertahankan idealisme di tengah maraknya money politik yg sering terjadi di masyarakat. “ujar Hamid

Setelah diskusi publik Cipayung Plus Kota Mataram melakukan Deklarasi Pemilu Damai
dengan beberapa poin.

Pertama mengajak masyarakat untuk menggunakan Hak suaranya untuk memilih calon pemimpin masa depan.
Kedua mengajak seluruh elemen masyarakat agar jangan GOLPUT (Golongan Putih)
Ketiga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan Pemilu 2024 Tidak semata-mata menjadi tugas dari kepolisian akan tetapi harus adanya kerja sama antar setiap elemen masyarakat, sehingga dapat terwujudnya Pemilu Damai.

Baca Juga :  Pemprov NTB Terbuka untuk Kehadiran NGO

Deklarasi kemudian ditutup dengan yel-yel bersama yang dikomandoi oleh Direktur mudamemilih.id-NTB Jemianto Umbu Kenda Pemuda Memilih YES Golput NO

Deklarasi Pemilu Damai kolaborasi mudamemilih.id NTB bersama Cipayung Plus Kota Mataram ini di hadiri oleh Bima Munali Magho Ketua GMKI Cabang Mataram, Satya Ubhaya Sakti Ketua GMNI Cabang Mataram, Eka Widiantara Ketua KMHDI Cabang Mataram, Hamid Kabid Riset IMM Cabang Mataram, Khairul Ketua KAMMI Cabang Mataram yang di koodinatori oleh Jemianto Umbu Kenda Selaku Koordinator Muda Memilih NTB.

Jemianto Umbu Kenda selaku Direktur mudamemilih.id NTB berharap deklarasi hari ini bukan hal seremonial belaka akan tetapi harus mampu diterapkan saat di lapangan, serta menjadi penyemangat untuk semua pihak sehingga benar-benar menerapkan pada pelaksanaan setiap tahapan Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan prosedur yang benar. (**)