LPPM-UNSA; Atasi Banjir dan Kembangkan Ekonomi Masyarakat Kreatif

Berbagi754 Views

Sumbawa, BERBAGI News – Gerakan konservasi lingkungan menanam bibit pohon terus dilakukan oleh sivitas Universitas Samawa (UNSA), sebagai wujud nyata ikut serta dalam melestarikan lingkungan.

Penghijauan menjadi salah satu kegiatan dalam mengurangi kejadian degradasi lingkungan di sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa semakin meningkat, yang ditandai oleh meningkatnya suhu udara dan kejadian banjir.

Penanaman 1.000 pohon tahun ini bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), dengan pelaksana kegiatan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM-UNSA) dilakukan di lima lokasi desa yang berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan  Labuhan Badas (Desa Labuhan Badas dan Desa Karang Dima) dan Kecamatan Unter Iwes (Desa Nijang, Desa Kerato, dan Desa Jorok), Kabupaten Sumbawa.

1000 pohon secara simbolis diserahkan oleh Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd selaku Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa, Dr. Syafruddin, SE., MM selaku Rektor Universitas Samawa, dan Varian Bintoro, S.Sos., M.Si selaku Kadis DPMD kepada Camat, kepala desa, dan mitra masyarakat dari ke lima desa yang menjadi lokasi penanaman, yaitu mitra kelompok ibu-ibu Desa Nijang, kelompok Pemuda Desa Jorok, Desa Karang Dima,kelompok petani Desa Kerato, kelompok sadar wisata Desa Labuhan Badas.Kegiatan penghijauan merupakan bagian dari agenda Pengabdian Kepada Masyarakat UNSA, dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa dan Pelestarian Lingkungan untuk Mewujudkan Desa Kreatif Hijau di Kabupaten Sumbawa, yang di rangkaiakan dengan Kegiatan Dies ke 22 UNSA.

Penyerahan bibit pohon dari Prof.Dr Syaifuddin Iskandar, M.Pd (Ketua Yayasan) ke Camat Unter Iwes dan Kades Kerato

Rektor Universitas Samawa, Dr. Syafruddin, SE., MM mengatakan bahwa edukasi gerakan penghijauan dengan 1000 pohon adalah bentuk perhatian kampus dalam mendukung aktivitas go green untuk melestarikan lingkungan hidup.

Baca Juga :  Umi: Bangun Kepedulian dengan Sepenuh Hati

“Sebenarnya penghijauan dapat dengan mudah dilakukan apabila kita sendiri memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk menghijaukan dan merawat bumi. Mari kita mulai penghijauan dari yang paling mudah, yaitu menanam tanaman di sekitar lingkungan kita, dan mulailah peduli terhadap bumi yang kita tinggali demi kepentingan bersama.” harap doktor Syaf.

Penyerahan bibit pohon dari.Dr Syafruddin (Rektor UNSA) ke Camat Labuhan Badas di Dampingi oleh Kadis DPMD, Kabupaten Sumbawa

Sementara itu Dr. Ieke Wulan Ayu selaku Ketua LPPM menerangkan bahwa kegiatan penghijauan merupakan implementasi dharma Pengabdian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi mewujudkan Sustainability Development Goals 2030 dan merupakan salah satu langkah penting bagi UNSA bersama pemerintah daerah dan masyarakat untuk penyelamatan bumi dari ancaman perubahan iklim. Gerakan tanam dan rawat satu pohon, akan menghasilkan banyak manfaat bagi sistem ekologi lingkungan.

M. Anugerah Puji Sakti, SH., MH.,C.Me selaku Kepala Bidang Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN-LPPM) sekaligus koordinator penghijauan menjelaskan bahwa pohon yang di distribusikan ke lima lokasi memiliki tujuan konservasi dan untuk estetika di lokasi wisata. Pohon-pohon yang didistribusikan yaitu pohon mahoni, trambesi, ketapang, pucuk merah, asam. Secara teknis penanaman akan dilakukan bersama dosen, mahasiswa, mitra, dan ASN pada lokasi yang sudah di sepakati dalam rapat koordinasi sebelumnya. (*).