by

KKN Tematik Unram Gelar Sosialisasi Kewirausahaan “Bangkitkan Semangat dengan Kewirausahaan di Masa Pandemi”

-Berbagi-99 views

Lombok Timur, BERBAGI News – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) mengadakan sosialisasi kewirausahaan yang bertemakan “Bangkitkan Semangat dengan Kewirausahaan di Masa Pandemi.” Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan di aula balai kantor desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur dan dihadiri oleh kepala Desa Tanjung Luar, Mukti Ali. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Covid-19. Rabu (30/06/2021).

Saparudin Akbar, salah satu kepala wilayah, yang mewakili kepala desa dalam membuka kegiatan tersebut juga mengatakan bahwa sosislisasi ini akan sangat membantu dalam informasi berwirausaha.

“acara sosialisasi kewirausahaan ini sangat membantu masyarakat dalam memberikan informasi terkait wirausaha di saat pandemi,” ujar Saparudin.

Drs. Nurhilal, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur mengatakan bahwa disaat pandemi ini dengan kegiatan sosialisasi tersebut bisa mendorong dan memotivasi agar mampu berwirausaha.

”kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan untuk mengajak, mendorong dan memotivasi masyarakat supaya mau berwirausaha, terlebih di masa pandemi saat ini.” Jelas sekdis saat menjadi narasumber.

Ia juga mengatakan adanya pandemi saat ini menyebabkan kemerosotan pada tatanan perekonomian Indonesia. Sehingga salah satu hal yang harus dilakukan saat ini untuk menutupi kemerosotan perekonomian adalah meningkatkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

“pada masa pandemi covid-19 saat ini perekonomian Indonesia mengalami penurunan, di mana semua masyarakat sangat dibatasi arah geraknya untuk beriwirausaha di masa pandemi. Belum lagi semua anggaran pemerintah yang di gelontorkan untuk program kerja yang dibuat pemerintah terhambat disebabkan semua anggaran dialihkan ke bantuan covid-19 bagi masyarakat yang terdampak. Khususnya Desa Tanjung Luar memiliki potensi besar dalam pengembangan UMKM dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa tersebut.” Tambahnya.

Baca Juga :  KKN Tematik Unram Ketahanan Pangan Desa Pengengat adakan Sosialisasi Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Desa

Lebih lanjut sekdis untuk memotivasi para wirausahawan Desa Tanjung Luar bahwa dalam berwirausaha tidak mengharapkan modal baru berani membuka peluang usaha.

“dalam membangun usaha dibutuhkan keterampilan yang mumpuni untuk berwirausaha dan tidak selalu mengharapkan modal baru bisa membuka peluang usaha, akan tetapi dengan keterampilan modal uang bisa datang dengan sendirinya karena bukan uang yang menjadi hambatan kita dalam melakukan wirausaha. Selanjutnya kita harus memiliki pengetahuan terhadap produk yang kita ciptakan sehingga bisa membebaskan kita dari penipuan,” kata Nurhilal.

Ia juga menyatakan bahwa dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lombok Timur  akan mewadahi bagi masyarakat yang benar-benar serius untuk mengembangkan usaha. Dan bagi masyarakat yang sudah memiliki usaha dan belum memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan label halal, dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lombok Timur akan siap untuk mewadahi dalam pembuatan PIRT dan label halalnya. (dedi)

News Feed