by

Lomba Debat 4 Pilar Kebangsaan Digelar BEM FH Universitas Samawa

-Pendidikan-126 views

Sumbawa, BERBAGI News – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Samawa mengadakan kegiatan debat empat pilar negara. Kegiatan ini dimaksudkan dapat membangun semangat kebangsaan dan persaudaraan, penguatan nilai kebangsaan, penguatan ideologi dan dasar negara NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebhinekaan Tunggal Ika serta pemuda harapan bangsa.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 11 Januari 2021 hingga 14 Januari 2021 di Gedoeang Djoeang Fakultas Hukum Universitas Samawa.

“Kegiatan ini ingin membangun jiwa dan semangat kebangsan kepada pemuda dan siswa se-kabuputen Sumbawa,” terang dewan juri lomba, Endra Syaifuddin SH.,MH, kepada wartawan Berbagi News.

Endra juga mengatakan bahwa kegiatan ini akan melahirkan generasi-generasi yang dapat memahami bahwa pentingnya mereka memahami dan mengimplementasikan empat pilar berbangsa dan bernegara, ini yang menjadi pondasi dasar untuk berbuat lebih banyak untuk generasi sekarang ini,” tambahnya.

Lomba debat 4 pilar kebangsaan ini diikuti oleh 16 tim perwakilan dari 12 Sekolah SMA/SMK/MAN yakni SMK 1 Tarano sebanyak 1 tim, SMA 1 Empang sebanyak 3 tim, SMK 1 Lunyuk sebanyak 1 tim, SMK 1 Lenangguar sebanyak 1 tim, PONPES ALMUTMAINNAH Moyo Hulu sebanyak 1 tim, SMA 1 Moyo Hulu sebanyak 2 tim, SMA 1 Sumbawa sebanyak 1 tim, SMA 3 Sumbawa sebanyak 2 tim, SMK 1 Lopok sebanyak 1 tim, SMA 1 Rhee sebanyak 1 tim, MAN 1 Sumbawa  sebanyak 1 tim dan SMA 1 Lape sebanyak 1 tim.

“Jangankan memahami, mereka mengimplementasikan nilai-nilai tentang kebangsaan saja mereka tidak, sehingga ya inilah kegiatan-kegiatan yang positif untuk membangkitkan semangat untuk memahami bahwa perjuangan negara ini untuk melahirkan negara kesatuan Republik Indonesia ini yang kemudian kita wajib menjunjung tingginya seperti momentum ini (debat 4 pilar),” harap Endra yang juga peneliti konstitusi dan ketatanegaraan. (LZ).

Baca Juga :  Ini Hadiah Awal Tahun untuk NTB dari Universitas Samawa

News Feed